Purwokerto (ANTARA) - Mahad Al Imam Malik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar acara workshop bertajuk "Maharatul Kalam: Langkah Awal Menguasai Bahasa Arab" sebagai upaya menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Arab.

Acara yang digelar di Aula A.K Anshori Lt. 3 Gedung Pusat UMP pada Jumat-Sabtu, 25-26 November 2022, bertepatan 1-2 Jumadil Awwal 1444 H itu berlangsung meriah. 

Direktur Ma’had Al Imam Malik UMP Muhammad Asdi Nurkholis, S.Pd.I, B.Ed, M.Pd mengatakan acara workshop kali ini dihadiri oleh 10 perwakilan SMA, MA, dan SMK serta 3 perwakilan dari SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. 

"Beberapa mahasiswa Ma’had juga turut hadir memeriahkan acara tersebut," katanya.  

Baca juga: Fikes UMP raih medali di RISE 2022

Menurut dia, kegiatan workshop tersebut fokus pada penguasaan keterampilan berbicara untuk pemula dengan metode percakapan. 

"Dalam workshop itu trainer menyampaikan materi percakapan dan diikuti oleh para peserta. Kemudian peserta dibagi ke beberapa kelompok kecil untuk memperdalam materi per sesi,” jelasnya.  

Salah seorang peserta, Imam Sugiarto mengharapkan kegiatan workshop seperti itu dapat diadakan secara rutin khususnya untuk tingkat dasar dan lanjutan.

"Semoga kegiatan kali ini dapat bermanfaat dan dapat memperkenalkan Bahasa Arab kepada masyarakat umum," katanya. (sci/tgr)

Baca juga: Peduli Cianjur, Akademika UMP galang dana dan doa bersama
Baca juga: Luncurkan Kalender 2023, UMP komitmen jadi Kampus Muda Mendunia dan Inovatif

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024