Jakarta (ANTARA) - Kedua tim akan memasang formasi ofensif dengan sama-sama menumpuk pemain berorientasi menyerang untuk sedapat mungkin dan secepat mungkin membobol gawang lawan.

Tetapi Prancis disergap penyakit cedera yang bahkan sudah terjadi sebelum Piala Dunia 2022 ini mulai.

Kini penyakit itu semakin akut setelah bek kiri Lucas Hernandez robek ligamen anteriornya tepat saat Australia mencetak gol Selasa lalu.

Pemain Bayern Muenchen itu bahkan terpaksa absen sampai turnamen ini. Tetapi pelatih Didier Deschamps memiliki pengganti yang tepat pada diri Theo Hernandez yang juga adik Lucas, yang tampil sama menawannya dengan sang kakak sewaktu menghadapi Australia.

Ini membuat sektor pertahanan Prancis tetap sepercaya diri seperti sebelumnya sehingga sayap pertahanan mereka bisa terlindung dari Denmark yang kerap menyerang dari sektor mana pun, termasuk dari kedua sayapnya.

Deschamps juga tak bisa menurunkan Kingsley Coman karena masalah panggul. Kabar baiknya dia sudah bisa menurunkan Raphael Varane yang saat melawan Socceroos menepi. Ini menjadi isyarat bahwa Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate harus rela tak lagi menjadi starter.

Tetapi itu tak akan membuat kekokohan benteng pertahanan Prancis berkurang. Sebaliknya, Denmark akan lebih sibuk menangkis serangan kuartet Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe dan Olivier Giroud, ketimbang memikirkan cara menembus Raphael Varane cs di daerah pertahanan Prancis.

Denmark juga kehilangan salah satu pemain intinya setelah gelandang Thomas Delaney terserang cedera kala melawan Tunisia. Dia mungkin absen lebih dari satu pertandingan.

Selebihnya, Kasper Hjulmand tidak direpotkan oleh masalah cedera lainnya, termasuk playmaker Christian Eriksen.

Tetapi ketidakhadiran Delaney membuat Eriksen bisa lebih beroperasi lebih ke dalam mendekati pertahanan sendiri bersama Pierre-Emile Hojbjerg. Ini bisa mempengaruhi kuantitas pasokan bola dari tengah kepada Kasper Dolberg.

Dolberg sendiri kemungkinan dipasang sejajar dengan Andreas Skov Olsen dan Mikkel Damsgaard yang kali ini mungkin diturunkan sejak awal pertandingan.

Tiga penyerang dalam formasi 3-4-3 menjadi pilihan ideal ketimbang menaruh dua striker saat menghadapi Tunisia, mengingat Prancis jauh lebih ofensif ketimbang lawan pertama Denmark.

Pelapis kiper Kasper Schmeichel masih akan mengandalkan struktur tiga bek yang terdiri dari Joachim Andersen, Andreas Christensen, dan kapten Simon Kjaer.

Mereka akan diapit Oliver Christensen dan Joakim Maehle di kedua sayap. Mereka bakal menjadi faktor kunci yang mementahkan serangan Prancis yang dimotori Kylian Mbappe.


 

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024