Solo (ANTARA) - Perusahaan logistik dan ekspedisi JNE berupaya mendampingi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menguasai pemasaran secara daring yang beberapa tahun terakhir diminati oleh masyarakat. 

Branch Manager JNE Solo Agus Yunanto pada webinar yang diselenggarakan di Solo, Jumat mengatakan saat ini JNE berupaya untuk meningkatkan skala UMKM dengan memenuhi segala kebutuhan tidak hanya dari segi pengiriman tetapi juga dari segi pemasaran. 

"Salah satunya adalah dengan program pendampingan agar UMKM mampu berjualan online seperti JNE Ngajak Online 2022," katanya. 

Ia mengatakan disrupsi era digital serta dampak pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi keberlangsungan UMKM, tidak terkecuali UMKM Solo. 

"Melihat urgensi ini, JNE Solo menghadirkan JNE Goll..Aborasi Ngajak Online 2022 Kota Solo," katanya. 

Sebagai salah satu narasumber pada webinar tersebut yakni pemilik usaha Catline Bracelets Cempaka Citra Permatasari. Cempaka yang sudah menggeluti bisnis kriya sejak tahun 2014 mengatakan pentingnya kreativitas dan inovasi.

"Di sektor ini, UMKM bisa memberdayakan karyawannya untuk makin kreatif, termasuk kami yang berinovasi untuk memproduksi tidak hanya kerajinan tetapi juga produk busana lainnya seperti tas," katanya. 

Selain berani berinovasi, ia juga mengajak pelaku usaha lain untuk berani mengambil risiko. 

"Banyak pengrajin kecil yang belum berani mengambil risiko untuk mengikuti pameran offline, maka kami mengajak UMKM lainnya untuk berkolaborasi agar bisa saling membantu dan memotivasi," katanya.

Menurut dia, kolaborasi serta mempererat hubungan dengan komunitas di bidang serupa adalah hal yang penting, tujuannya untuk bertukar wawasan dan berbagi ilmu bisnis. 

Mengenai pemasaran digital, ia mengaku masih memilih iklan produk dengan menggunakan jasa publik figur serta influencer

"Influencer yang sedang naik daun pasti kami endorse. Selain itu, karena Catline Bracelets banyak disukai anak muda, kami banyak meng-endorse seleb TikTok. Selain itu, seleb TikTok
juga lebih terjangkau," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024