Semarang (ANTARA) - Perhelatan nasional Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI Tahun 2022 yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang telah dimulai dengan mengusung tema Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pengembangan Potensi Minat Bakat dalam Bidang Seni dan Budaya Mahasiswa.

Peksiminas XVI dibuka secara resmi Selasa (25/10) yang diawali dengan Technical Meeting dan Sarasehan Forum Pimpinan Kemahasiswaan dan Pengurus BPSMI Provinsi seluruh Indonesia.

Pada ajang kali ini lima orang mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto tampil mewakili Kontingen Jawa Tengah. Mereka adalah Yiyi Fikri Nurizki (F.MIPA)  pada Kategori Lomba Menyanyi Dangdut Putra, Rachel Sinaga (FISIP) Kategori Pop Putri, Ika Yulia Pangestuti (F.MIPA) Kategori Keroncong Putri, Septian Arifudin (Fakultas Teknik) pada Kategori Keroncong Putra dan Muhammad Fadhil (FISIP) yang berlomba pada Kategori Monolog.

Baca juga: Akuntansi Unsoed gelar kuliah umum mengenai "Corporate Governance"

Pada Rabu (26/10), perlombaan dimulai untuk kategori Lomba Menyanyi Keroncong Putri, Lomba Menyanyi Pop Putri, dan Lomba Monolog. Kamis (27/10) delegasi Unsoed akan berlomba menampilkan kemampuan terbaiknya kategori Lomba Menyanyi Dangdut Putra, dan Lomba Menyanyi Keroncong Putra.
  Lima orang mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto tampil mewakili Kontingen Jawa Tengah pada Perhelatan nasional Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI Tahun 2022 yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang. ANTARA/HO-Unsoed Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaaan Unsoed Dra. Krisnhoe Maya Wulandari, MM yang ikut mendampingi delegasi  Unsoed merasa puas dengan penampilan delegasi Unsoed yang maksimal. Ini adalah buah dari kerja keras mereka mengikuti pembekalan, dan berlatih intensif selama dua bulan terakhir.

“Untuk yang kategori lomba berkaitan dengan olah vokal, disiplin menghindari pantangan konsumsi seperti es, gorengan dan lain-lain. Tim Monolog sangat kompak, walaupun yang tampil satu orang tetapi dibaliknya ada dukungan tim yang solid seperti tata lampu, tata panggung, dan lain-lain," kata Maya.

Baca juga: Dosen Farmasi Unsoed jadi "visiting scientist" di Jerman

Maya berharap delegasi Unsoed dapat meraih gelar juara yang mengharumkan nama Unsoed dan Jawa Tengah.

“Terima kasih untuk semua dukungan Pimpinan Universitas dan Fakultas, pelatih, dan semua yang telah mendukung Delegasi Peksiminas Unsoed mewakili Jawa Tengah," kata Maya.

Pelaksanaan Peksiminas XVI akan ditutup Jumat (28/10). Acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba akan dilanjutkan dengan pengalungan medali Peksiminas kepada para pemenang.

Baca juga: Unsoed bersama BRI Life latih manajemen usaha bagi Aswapemari Banjarnegara
Baca juga: 176 peserta PMM 2022 di Unsoed Purwokerto ikuti Kelas Modul Nusantara

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024