Purwokerto (ANTARA) - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali menggelar kuliah umum untuk memperkaya wawasan keilmuan para civitas academicanya.

Kuliah umum dengan tema "Corporate Governance" tersebut diselenggarakan secara hibrida, Rabu (19/10), dengan menghadirkan narasumber Dr. Dwi Martani, S.E., Ak., CA., CPA. serta dipandu moderator Dr. Widyahayu W. Kusumastati, S.E., S.Sos., M.Si.

Dalam hal ini, mahasiswa dan dosen di lingkungan FEB Unsoed mengikuti kuliah umum secara luring, sedangkan praktisi dari luar Unsoed mengikutinya secara daring.

Saat menyampaikan materi kuliah umum, Dr. Dwi Martini memaparkan tentang konsep, praktik, serta perkembangan dan keterkaitan corporate governance dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Secara umum, narasumber menjelaskan bahwa perusahaan dikelola untuk memenuhi ekspektasi stakeholder, bukan hanya pemegang saham (stockholder). 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa tata kelola perusahaan adalah struktur dan proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengarahkan dan mengawasi kegiatan bisnis mereka. 

"Basic value corporate governance terdiri dari transparency, accountability, responsibility, independence, dan fairness," jelas Dr. Dwi Martini.

Baca juga: Dosen Farmasi Unsoed jadi "visiting scientist" di Jerman
Baca juga: Unsoed bersama BRI Life latih manajemen usaha bagi Aswapemari Banjarnegara
Baca juga: 176 peserta PMM 2022 di Unsoed Purwokerto ikuti Kelas Modul Nusantara

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024