Solo (ANTARA) - Tiga calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti Sidang Pleno Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA) sebagai bagian dari seleksi untuk memperoleh pemimpin perguruan tinggi tersebut.

Tiga calon Rektor UNS Surakarta periode 2023-2028 yang menyampaikan pemaparan di hadapan wakil ketua, sekretaris, anggota MWA, panelis, dan perwakilan sivitas akademika UNS di Solo, Kamis yakni Sajidan, I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, dan Hartono.

Pada agenda panel dua tersebut disampaikan paparan tentang rancangan rencana induk pengembangan dan strategi pencapaian UNS sebagai world class university dengan berpedoman kepada kebijakan umum UNS 2022-2047.

Wakil Ketua MWA UNS Hasan Fauzi mengatakan strategi yang dirancang calon rektor merupakan hal yang penting.

"Kemampuan, pengalaman, dan kapasitas teknokratik dibutuhkan dalam menilai kualifikasi seorang calon pemimpin. Pemaparan strategi para calon rektor tersebut berkaitan dengan rencana pencapaian UNS sebagai world class university," katanya.

Ia mengatakan faktor kepemimpinan memiliki andil besar dalam kemajuan dan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuan karena kepemimpinan berkaitan erat dengan kekuatan aspirasional, semangat, dan moral yang kreatif dalam mempengaruhi setiap orang untuk mengubah sikap.

"Pada titik inilah kemampuan calon pemimpin mengkomunikasikan strategi pencapaian UNS sebagai world class university menjadi penting," katanya.

Ia juga berharap forum tersebut mampu menjadi wahana untuk mengkomunikasikan niat baik dan komitmen setiap calon kepada pemangku kepentingan mengenai rancang bangun masa depan menuju UNS yang mendunia dan syarat prestasi.

Sementara itu, setelah tiga calon Rektor UNS mengikuti panel 2, MWA akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS pada tanggal 11 November 2022. Lalu untuk tahapan selanjutnya yaitu pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada tanggal 10-11 April 2023.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024