Magelang (ANTARA) - Rumah Literasi Aruna bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SD, SMP, dan SMA se-Jawa Tengah dengan tajuk "Literasi Bagimu Negeri". 

"Melalui lomba ini siswa dapat mengekspresikan diri dan mengapresiasi karya para penyair Indonesia,” ujar ketua panitia kegiatan yang juga pegiat Rumah Literasi Aruna Kota Magelang Ika Rachmawati dalam rilis di Magelang, Rabu. 

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2022 serta peringatan Hari Jadi Ke-1 Rumah Literasi Aruna Kota Magelang. Rumah Literasi Aruna dengan anggota kalangan mahasiswa, guru, dan masyarakat umum, secara rutin --seminggu sekali-- mengadakan pelatihan mendongeng dan menulis bagi anak-anak secara gratis, bedah karya dan kunjungan sosial ke panti, serta membuka layanan peminjaman buku bacaan di perpustakaan mini yang dikelola.

Ia menyebut lomba baca puisi ini program tahunan komunitas tersebut dengan tujuan menggali potensi generasi muda di Jawa Tengah. 

Baca juga: Rumah Literasi Aruna kembangkan potensi literasi masyarakat

Ia menjelaskan lomba dibagi menjadi dua babak, yaitu penyisihan dan final. Babak penyisihan dilaksanakan dengan cara peserta mengirim video. Dari video yang masuk, akan diambil masing-masing 10 finalis yang akan mengikuti babak final pada 27 Oktober 2022 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. 

Para juara akan mendapatkan trofi, piagam penghargaan dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, dan uang tunai total jutaan rupiah. Para juri lomba, yaitu Sosiawan Leak, Hamdy Salad, Sendang Mulyana, Wicahyanti Rejeki, Dian R. Pranawengtyas, Arif Rahmanto, dan Gepeng Nugroho.

Penggagas Rumah Literasi Aruna Kota Magelang Wicahyanti Rejeki menambahkan pada 27 Oktober 2022 juga diluncurkan dua buku hasil Program Kelas Menulis Rumah Literasi Aruna dengan bimbingan Hamdy Salad dan Arif Rahmanto. 

"Kami berharap perlombaan baca puisi dan peluncuran buku ini bisa turut menjaga semangat literasi kita,” ujar Wicahyanti yang juga penyair Magelang itu.

Pendaftaran lomba ditutup pada 10 Oktober 2022, sedangkan calon peserta dapat membuka link Pendaftaran: https://bit.ly/3KpVHtA serta Juknis dan Naskah Lomba: https://bit.ly/3KqYrXG. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi koordinator masing-masing jenjang, yaitu SD/MI (Ajeng: 081326981361) SMP/MTs (April: 087823914896), dan SMA/SMK/MA (Rahma: 085879333226). 

Baca juga: Tingkatkan minat baca, Pemkot Magelang manfaatkan kemajuan teknologi
Baca juga: Ini dia layanan perpustakaan luar ruangan Disperpusip Kota Magelang
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024