Wonosobo (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, berupaya menghimpun dana Rp1,7 miliar selama Bulan Dana PMI Tahun 2022.

"Kami berharap target bisa tercapai, karena semua unsur di masyarakat, baik dari pemerintah, BUMD, lintas sektor pendidikan, dan yang lainnya secara berkesinambungan mendukung pelaksanaannya," kata Ketua PMI Wonosobo Heru Kurniawan Nurdiansyah sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Wonosobo, Kamis.

Dalam rapat evaluasi Bulan Dana PMI Kabupaten Wonosobo 2022, ia mengatakan bahwa Bulan Dana PMI berlangsung tiga bulan mulai dari Agustus hingga Oktober 2022 dan dana yang berhasil digalang pada bulan pertama sekitar Rp630 juta.

Sesuai peraturan PMI Pusat, ia menjelaskan, dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, penyediaan bantuan kemanusiaan, serta pelayanan pertolongan pertama bagi masyarakat.

"Saya harap, (dana yang digalang selama) Bulan Dana PMI penggunaannya transparan dan akuntabel dan lebih mengena kepada masyarakat yang membutuhkan agar sesuai dengan target yang telah ditetapkan," katanya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan perlunya pengoptimalan kegiatan penggalangan dana selama Bulan Dana PMI 2022.

Di samping itu, dia mengusulkan perekrutan relawan PMI sampai di tingkat desa guna mendukung pelaksanaan kegiatan kemanusiaan.

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024