Magelang (ANTARA) - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Magelang menggelar lomba paduan suara untuk mempererat silaturahim antar-anggota dan memantapkan pelaksanaan berbagai program organisasi tersebut, di GOR Gemilang, Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang di Kota Mungkid Minggu (17/7).

Ketua Panitia Lomba Paduan Suara IPHI Kabupaten Magelang Sri Kuswanti dalam keterangan tertulis di Magelang, Minggu, mengatakan rencana awal kegiatan tersebut diselenggarakan pada 2021 akan tetapi karena situasi masih pandemi COVID-19 sehingga baru bisa terlaksana pada hari ini.

Tujuan lomba itu, kata dia, antara lain untuk menjalin sulaturahim yang makin kuat antar-anggota dan memperkuat organisasi IPHI Kabupaten Magelang.

Selain itu, kata Kuswanti yang juga Ketua Majelis Taklim Perempuan (MTP) IPHI Kabupaten Magelang tersebut, meningkatkan pemahaman anggota terhadap organisasi yang mewadahinya, sebagai suatu sarana mempertahankan kemabruran sepanjang hayat dan meningkatkan kepedulian anggota IPHI terhadap fungsi organisasi.

Lomba dengan tema "Dengan Semangat Ukhuwah Kita Tingkatkan Iman Ilmu Amal, dan Imun" itu, dibuka oleh Ketua IPHI Kabupaten Magelang Edi Cahyana, dan antara lain dihadiri para ketua cabang IPHI dan ketua cabang MTP IPHI dari 21 kecamatan di daerah setempat. 

Peserta lomba jajaran IPHI dan MTP Kabupaten Magelang berasal dari 21 kecamatan dengan setiap kelompok beranggota 10-12 orang, masing-masing membawakan himne IPHI dan mars IPHI, sedangkan dewan juri berjumlah tiga orang, masing-masing Yuwono Adi dan Nusa Galendra (profesional guru musik) serta Sasmiati Satya W. (pakar kepribadian).

Ia menyebut kriteria lomba antara lain terkait dengan peserta favorit, penampilan keserasian busana, dirigen, dan ekspresi terbaik.

Pemenang memperoleh hadiah berupa tropi bergilir Ketua IPHI Kabupaten Magelang, tropi kejuaraan, dan uang pembinaan.

Pemenang lomba meliputi juara pertama IPHI Cabang Kecamatan Muntilan, juara kedua Kecamatan Mertoyudan, juara ketiga Kecamatan Dukun, juara harapan pertama Kecamatan Mungkid, juara harapan kedua Kecamatan Borobudur, dan juara harapan ketiga Kecamatan Bandongan

Ketua IPHI Kabupaten Magelang Edi Cahyana mengemukakan kegiatan itu bagian dari upaya bersama menggugah semangat umat dan masyarakat pada umumnya untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

"Selain itu, untuk mempertahankan dan meningkatkan keimanan serta meningkatkan kegiatan organisasi," kata dia.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024