Semarang (ANTARA) - Rektor UMP Jebul Suroso mengatakan Program Studi (Prodi) Keperawatan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) paling banyak diminati dan perawat adalah profesi yang tidak akan hilang. 

"Fakultas Ilmu Kesehatan merupakan Fakultas yang mempunyai prodi terbanyak dan perawat adalah profesi yang tidak akan hilang. Prodi Keperawatan S1 merupakan prodi yang paling banyak diminati," jelasnya.

Hal itu disampaikan Rektor UMP Jebul Suroso pada opening Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2022-2023 yang berlangsung di Homestay Hadipriyanto, Selasa (12/7/2022). Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinkes Banyumas Slamet Setiadi, Direktur RSUD Banyumas Dani Esti Novia, dan Dekan FIKES UMP Umi Solikhah.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menekankan dalam kegiatan PKKMB perlu disampaikan pengenalan terkait dengan Muhammadiyah. 

"Muhammadiyah adalah sebuah perserikatan yang mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan masyarakat, mencerahkan kehidupan bangsa, yang pada dasarnya, mahasiswa mengenal value tentang keislaman," katanya.

Baca juga: PAI UMP kaji Pendidikan Agama Islam Multidispliner

Rektor berpesan kepada mahasiswa agar dapat menjadi perawat yang profesional dan lancar dalam mengikuti kegiatan.

"Selain mengenal value tentang keislaman, perawat harus mempunyai konsep caring, tepat waktu, dan kedekatan serta semoga mahasiswa menjadi perawat yang profesional, lancar dalam mengikuti kegiatan," katanya.

Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan S1 Happy Dwi Aprilina menyampaikan PKKMB merupakan program wajib bagi seluruh mahasiswa baru.

"PKKMB merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru, berproses untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh Pendidikan di perguruan tinggi," katanya.

Baca juga: Mahasiswa Kedokteran UMP juara 3 lomba video PDHMI

Dijelaskan kegiatan PKKMB dilaksanakan dalam 1 minggu ke depan serta diisi oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya. 

"Kegiatan PKKMB pada hari ini yakni opening yang diisi oleh pimpinan universitas, kepala dinas kesehatan dan Direktur RSUD Banyumas. 

Acara dilanjutkan dengan pengenalan on class, fasilitas perpustakaan dan pengenalan Prodi S1 Keperawatan dan profesi pers," katanya. 

Baca juga: FAI UMP-Litbang Kemenag gelar seminar "Moderasi Beragama Dalam Perspektif Dakwah"

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024