Kudus (ANTARA) - PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan 3,2 juta buku Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bacaan peserta didik secara bertahap ke lima provinsi di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), Selasa.

Pendistribusian tahap awal ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi ditandai dengan pelepasan truk milik PT Pos oleh Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi M. Abdul Khak didampingi Direktur Utama PT Pura Group Johanes Slamet Harjanto, General Manager HR-GA Pura Group Agung Subani, dan Deputi Eksekutif Vice Presiden Regional 4 Jateng DIY Yuli Saputro di halaman PT Pura Kudus.

"Pendistribusian perdana buku GLN ke wilayah 3T ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada publik karena kami menggunakan anggaran negara," kata Abdul Khak di Kudus, Selasa.

Secara nyata, kata dia, tingkat literasi anak Indonesia masih rendah karena akses buku bacaan agak sulit.

 Baca juga: Pabrik kertas milik PT Pura Kudus terbakar

Dengan ketersediaan buku-buku yang sesuai usia anak, diharapkan membantu meningkatkan minat baca mereka. Pemanfaatan dengan baik buku-buku tersebut dapat menciptakan generasi unggul, cerdas, dan berkarakter. 

"Untuk mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Badan Bahasa berkomitmen memfasilitasi hal itu dengan ketersediaan sarana dan prasarana sehingga tahun ini dicetak 20 judul buku untuk PAUD dan 540 judul buku untuk SD.

"Mudah-mudahan bisa sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan aman," ujarnya.

Tahap awal, imbuh dia, buku GLN didistribusikan ke daerah di wilayah 3T yang aksesnya cukup sulit, sehingga harus mendapatkan prioritas pengiriman. Ditargetkan pertengahan Agustus 2022, buku-buku diterima masing-masing sekolah. 

Direktur Utama PT Pura Group Johanes Slamet Harjanto didampingi General Manager HR-GA Pura Group Agung Subani menjelaskan PT Pura Barutama salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia ditunjuk Kemendikbudristek mencetak dan mendistribusikan buku dalam program GLN untuk peserta didik SD dan TK/PAUD melalui lelang pengadaan terbuka di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). 

Baca juga: Calon pekerja PT Pura Kudus bakal diwajibkan memiliki sertifikat vaksin

Dari lelang tersebut, PT Pura Barutama mendapat paket pembuatan buku 3.200.774 eksemplar, untuk siswa SD 3.176.454 eksemplar dan TK/PAUD 24.320 eksemplar. Pengiriman secara bertahap dengan target selesai 21 Juli 2022.

"Alhamdulillah dan terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan pengerjaan buku program GLN kepada kami. Hal ini merupakan salah satu bentuk peran serta perusahaan dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Dalam pendistribusian buku dengan berat total 465.187 kilogram tersebut, PT Pura Barutama menggandeng PT Pos Indonesia yang menyiapkan 26 truk kontainer untuk pengiriman dari Kudus karena dinilai memiliki rantai distribusi hingga pelosok Tanah Air. 

Pendistribusian menyasar 3.109 sekolah, meliputi 1.893 SD dan 1.216 TK/PAUD di 14 kabupaten di lima provinsi, meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.  

Alokasi buku diterima masing-masing provinsi, di antaranya Sulawesi Utara 280.450 eksemplar, Kalimantan Barat 1.683.900 eksemplar, Kalimantan Utara 211.210 eksemplar, Sulawesi Tengah 846.424 eksemplar, dan Kalimantan Timur 178.790 eksemplar.

Baca juga: Polda-PT Pura Kudus tandatangani MoU bidang pengamanan
Baca juga: Pura Group Kudus santuni 1.150 anak yatim
Baca juga: Lolos audit SVLK, PT Pura Nusapersada kantongi sertifikat legalitas kayu


Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024