Banjarnegara (ANTARA) - PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga sekitar proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 khususnya Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini digelar selama tiga hari di Kantor Proyek Dieng Unit 2 dengan menggandeng Puskesmas Batur II," kata Pelaksana Tugas Project General Manager GeoDipa Hefi Hendri dalam keterangan di Banjarnegara, Minggu.

Menurut dia, layanan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut merupakan wujud nyata tanggung jawab sosial perusahaan kepada warga Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat Dusun Pawuhan dalam memperoleh layanan kesehatan secara merata.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Batur II dr. Figur Puspito mengatakan layanan pemeriksaan kesehatan yang diberikan, antara lain pemeriksaan paru-paru, pemeriksaan jantung, tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah.

Oleh karena itu, pihaknya menerjunkan 14 tenaga medis yang meliputi dokter umum, dokter gigi, tenaga laboratorium, perawat, bidan, dan apoteker.

"Kegiatan ini bagus sekali karena lebih banyak masyarakat yang terjangkau, terutama layanan-layanan yang perlu pemeriksaan laboratorium seperti kolesterol dan asam urat yang tinggi, padahal tidak pernah ada keluhan," kata Figur.

Berdasarkan data, jumlah warga yang mengikuti layanan pemeriksaan gratis tersebut mencapai 260 orang. Bagi warga yang membutuhkan penanganan lebih lanjut diberikan rekomendasi oleh dokter terkait. 

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024