Kudus (ANTARA) -
Palang Merah Indonesia Cabang Kudus, Jawa Tengah, memastikan stok darah untuk berbagai golongan darah tersedia sebanyak 618 kantong dan masih bisa bertambah, menyusul kesediaan karyawan dari perusahaan besar menyumbangkan darahnya.
 
"Stok darah yang dimiliki PMI Kudus semakin meningkat karena sebelumnya hanya kisaran seratusan kantong, kini naik menjadi 618 kantong dan masih bisa bertambah," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Kudus Praptiningsih di Kudus, Selasa.
 
Ia mencatat pada pekan ini banyak agenda donor dari sejumlah perusahaan besar di Kudus, sehingga ketersediaan darah saat ini dipastikan aman.
 
Beberapa instansi yang siap menggelar kegiatan donor, yakni PT Djarum SKT Megawon 2, SKM Stevania, dan PT Telkom Kudus. Dari stok darah sebanyak 618 kantong, meliputi golongan darah A tersedia sebanyak 185 kantong, B sebanyak 190 kantong, AB sebanyak 54 kantong, dan O sebanyak 179 kantong.
 
Jumlah darah sebanyak itu, lanjut dia, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama dua pekan, karena permintaan rata-rata per hari berkisar 60-70 kantong.
 
Mulai meredanya kasus COVID-19 di Kudus, diakui mendukung PMI Kudus dalam meningkatkan stok darah karena sejumlah perusahaan besar di Kudus mulai mengizinkan kegiatan donor karyawannya. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024