Kudus (ANTARA) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meminta semua perusahaan otobus (PO) memastikan armada yang digunakan untuk mengangkut penumpang selama Lebaran laik jalan dan awak angkutannya juga sehat.

"Kami sudah mengingatkan kepada semua PO di Kudus melalui surat, untuk memastikan bus yang digunakan untuk angkutan Lebaran laik jalan sehingga memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan terhadap penumpangnya selama mudik Lebaran," kata Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Organda Kabupaten Kudus Mahmudun di Kudus, Selasa.

Sebelum dioperasikan, kata dia, semua bus harus dilakukan pengecekan kelaikannya, jika tidak laik maka jangan dipaksakan.

Ia juga mengingatkan untuk mempersiapkan kesehatan pengemudinya, baik secara fisik maupun mental serta pengemudinya juga harus memenuhi syarat sebagai pengemudi dengan memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Baca juga: Cegah kecelakaan, Sopir bus angkutan mudik jalani tes urine

Jumlah armada bus yang dioperasikan oleh masing-masing PO, dipastikan akan semakin bertambah karena pemudik diprediksi melonjak seiring diizinkannya mudik Lebaran oleh Pemerintah Pusat.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus Indarto menambahkan, setiap armada bus yang masuk ke terminal langsung dilakukan pengecekan kelaikan kendaraannya.

Pengawasan kelaikan bus umum, di antaranya pengecekan pada beberapa komponen kendaraan yang vital seperti rem, lampu, roda, dan palu pemecah kaca.

"Kami hanya memastikan kendaraan yang digunakan benar-benar layak secara teknis, sehingga keselamatan penumpang terjamin," ujarnya.

Baca juga: Kedatangan pemudik di Terminal Bus Purwokerto masih landai

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024