Kudus (ANTARA) - PT Pegadaian Wilayah Pati, Jawa Tengah, menggelar bazar emas dan kuliner Ramadan untuk memudahkan masyarakat membeli aneka emas batangan maupun perhiasan dengan harga terjangkau.

"Bazar digelar selama lima hari, mulai Senin (18/4) hingga Jumat (22/4)," kata Marketing and Sales Plan Departemen Gadai PT Pegadaian Area Pati Habib Muhammad Nur di sela-sela acara bazar di halaman kantor PT Pegadaian Kantor Cabang Kudus, Senin.

Dengan adanya bazar tersebut, kata dia, masyarakat berkesempatan membeli aneka jenis emas batangan dan perhiasan dengan harga terjangkau karena yang dijual merupakan barang lelang pegadaian.

Emas dan perhiasan tersebut, merupakan lelang barang jaminan yang tidak ditebus oleh nasabah. Di antaranya, ada emas batangan maupun perhiasan yang bisa dibeli oleh peserta lelang.

Pembelian barang lelang bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pembelian sistem gadai emas angsuran, gadai emas, gadai tabungan emas, dan juga dibeli secara tunai.

Bazar emas dan kuliner juga menyediakan berbagai layanan gratis bagi masyarakat, seperti jasa cuci perhiasan dan jasa taksir emas. Selain itu, masyarakat bisa mencari kuliner untuk berbuka puasa yang disajikan oleh para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat.

"Masyarakat yang masih awam soal gadai bisa bertanya, termasuk soal produk dan program pegadaian," ujarnya.

Santi, salah satu warga yang mendatangi bazar mengakui tertarik memiliki emas batangan.

"Untuk sementara saya hanya memastikan tertarik emas batangan tersebut dengan menyerahkan KTP. Selama bazar berlangsung bisa langsung dibayar uang mukanya saja, sedangkan pelunasannya nanti," ujarnya.

Ia mengakui tertarik membeli emas karena untuk tabungan, sehingga ketika membutuhkan bisa dijual atau digadaikan.  

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024