Semarang (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah terus memperkuat sinergi dengan pemerintah kabupaten/kota yang ada di wilayah setempat guna memaksimalkan penyebarluasan informasi potensi daerah melalui kanal distribusi yang dimiliki satu-satunya kantor berita milik negara tersebut.

Salah satunya diawali dengan kunjungan silaturahmi ke sejumlah dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) serta protokol, komunikasi, dan pimpinan (Prokompim) di tiga daerah di Jawa Tengah yakni Kabupaten Batang, Pekalongan, dan Kota Pekalongan pada Selasa (12/4).

Kegiatan tersebut sekaligus memperkenalkan Teguh Imam Wibowo yang baru menjabat sebagai Kepala Biro Jawa Tengah per 1 April 2022 menggantikan Achmad Zaenal yang purnatugas.

"ANTARA merupakan satu-satunya kantor berita milik negara yang memiliki cakupan jaringan distribusi tidak hanya lokal, nasional, tetapi juga internasional. Antara juga menjadi rujukan utama berbagai media," kata Teguh saat memberikan penekanan keuntungan bersinergi. 

Teguh memberikan banyak penjelasan mengenai jaringan, kinerja, dan  beragam contoh porto folio ANTARA dengan stakeholder terkait.

"Masyarakat lambat laun akan jenuh dengan berita-berita yang hanya mengandalkan klik bait, mereka juga butuh berita-berita yang mencerahkan dan ANTARA sebagai kantor berita negara, konsisten untuk menyampaikan hal-hal baik ke publik," kata Teguh Imam Wibowo yang sebelumnya bertugas di Kalbar.

Nur Istibsaroh, Asisten Komersial ANTARA Biro Jateng menambahkan sebagai kantor berita resmi negara,  ANTARA memiliki jaringan yang diakui hingga ke mancanegara seperti dengan kantor berita Asia Pasifik, Timur Tengah, Eropa, Afrika hingga benua Amerika. 

"Sehingga potensi yang ada di daerah, bisa dibaca hingga berbagai belahan dunia melalui jaringan yang ANTARA miliki," kata Istib, panggilan akrabnya.

Pemerintah daerah, kata Istib, tentu ingin publik tahu kinerja yang sudah tercapai selama ini salah satunya bersinergi dengan Antara.

"Selain untuk menjaring investor, mengangkat potensi dan ekonomi daerah, melalui sinergi ini sekaligus untuk menyampaikan berbagai hal yang sudah dilakukan Pemda selama ini," kata Istib. Tim ANTARA Jateng foto bersama dengan Kepala Diskominfo Kabupaten Batang pada Selasa (12/4). ANTARA/HO-Diskominfo Batang
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Triossy Juniarto menyambut baik kunjungan tersebut. Ia mengakui Kabupaten Batang kini menjadi salah satu daerah yang menarik perhatian karena adanya Kawasan Industri Batang.

"ANTARA, kami harapkan dapat menyampaikan ke berbagai belahan dunia bahwa Batang siap mengawal dan mensukseskan Kawasan Industri Batang ini," kata dia.

Sementara Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Pekalongan Hamintoko mengatakan banyak kekayaan seni budaya yang dimiliki Kabupaten Pekalongan yang dapat diangkat ke mancanegara.

"Seperti batik yang harganya mencapai ratusan juta rupiah dari perajin batik di Kabupaten Pekalongan," ungkap Hamin.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan Arif Karyadi sepakat pencapaian kinerja yang dihasilkan pemerintah dalam membangun daerah perlu terus digencarkan ke publik.

"ANTARA dapat menjadi salah satu mitra kuat kami untuk menyampaikan hal itu secara luas," kata Arif.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan temu bareng dengan para jurnalis dan fotografer ANTARA Jateng perwakilan Karesidenan Pekalongan.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024