Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 67 peserta mengikuti Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Temanggung tahun 2022 di Bappeda Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ketua Lomba Krenova Kabupaten Temanggung 2022 Wury Handayani di Temanggung, Selasa, mengatakan dari 67 peserta lomba tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni perangkat daerah 43 peserta, masyarakat 11 peserta, dan pelajar 13 peserta.

Ia menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat dan perangkat daerah di Kabupaten Temanggung, baik secara perorangan maupun kelompok yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, kata Wury ajang ini juga sebagai upaya meningkatkan inovasi dan kreativitas masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan yang dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing ekonomi daerah dan pengendalian masyarakat di Kabupaten Temanggung.

Menurut dia tim juri pada lomba ini juga melibatkan dari unsur akademisi, pengusaha, dan juga wartawan.

Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Ripto Susilo menuturkan dalam tiga tahun terakhir hasil lomba Krenova di Kabupaten Temanggung cukup membanggakan dan mewakili Jateng ke tingkat nasional.

Ia menyebutkan pada 2019 Kabupaten Temanggung menerima penghargaan utama tingkat nasional dengan kreativitas masyarakat berupa alat sangrai kopi. Kemudian 2020 masuk ke nasional lagi mewakili Provinsi Jateng dengan inovasi drone sebagai alat semprot pertanian juga meraih  juara utama tingkat nasional. 

"Kemudian pada 2021 'Sibiru' batik dengan pewarna alami juga masuk juara tingkat Jateng dan sekarang proses penilaian tingkat nasional," katanya. 


 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024