Magelang (ANTARA) - Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah, menyosialisasikan program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 perguruan tinggi itu, melalui para guru mata pelajaran Bimbingan Konseling di wilayah eks-Keresidenan Kedu, Kamis.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Kota Magelang Noor Farid dalam keterangan tertulis di Magelang, Kamis mengatakan daya tampung mahasiswa baru 2022 perguruan tinggi negeri (PTN) di kota tersebut 3.275 orang.

Jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri Untidar yang meliputi Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) serta Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT).

Informasi lebih lengkap dan detail mengenai Seleksi PMB Untidar bisa diakses melalui laman https://um.untidar.ac.id, sedangkan untuk sosial media melalui Instagram universitastidar, Facebook Universitas Tidar dan Twitter Untidar.

Sosialisasi itu secara luring diikuti 51 guru BK di wilayah eks-Keresidenan Kedu, dengan protokol kesehatan yang ketat, di Gedung H.R. Suparsono Untidar, sedangkan peserta lainnya mengikuti secara daring melalui zoom dan live streaming Youtube Universitas Tidar.

Noor Farid berharap, para guru BK selalu mengakses seluruh informasi resmi terkait dengan PMB dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebagai lembaga penyelenggara tes masuk PT terbaik dan terdepan di Indonesia, serta berkomitmen melaksanakan tes yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel.

Pada Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan Seleksi Mandiri Universitas Tidar Tahun 2022 itu, Koordinator Bidang Akademik dan Kemahasiswaan BAKPK Untidar David Budhi Hartono menjelaskan tentang peluang mahasiswa memperoleh beasiswa, antara lain Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)/Bidikmisi, KJMU, Beasiswa Bank Indonesia, dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari Kemendikbudristek, Beasiswa Baznas Kebumen, Beasiswa Baznas Jawa Tengah, Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi Pemkab Rembang, Beasiswa Pancakarsa Pemkab Bogor dan Beasiswa Charoen Phokpand.

Sekretaris Eksekutif LTMPT Bekti Cahyo Hidayanto mengingatkan pentingnya pendampingan guru BK kepada siswa dalam pemilihan program studi pada SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN 2022 dibuka pada 14 Februari 2022.

"Jika siswa ragu atau tidak mantap dengan dua pilihan prodi, silakan isi satu prodi saja," katanya.

Ia menjelaskan pemilihan prodi menjadi penting karena jika nantinya siswa tersebut diterima di pilihan kedua dan dia tidak melakukan registrasi, maka akan berdampak pada SMA/SMK/MA asalnya.

“Sekolah asalnya akan di black list oleh PT bersangkutan. Siswa tersebut juga tidak bisa mengikuti SBMPTN tahun ini dan dua tahun berikutnya," katanya.

Ia mengatakan juga tentang pentingnya diperhatikan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah sebagai syarat SNMPTN.

"Kami mohon agar tahun depan sekolah bisa memanfaatkan waktu pengisian PDSS SNMPTN sebaik-baiknya. Kami lihat di minggu-minggu awal belum banyak yang mengisi. Baru di tiga hari terakhir semua berebut mengisi sehingga mengakibatkan adanya gangguan sistem," katanya.

Ia mengingatkan tentang integritas guru BK, terutama menyangkut pendampingan terhadap siswa yang hendak mengikuti PMB.

"Siswa yang eligible (berhak) betul-betul yang memenuhi syarat dan ‘bukan permainan’. Perguruan tinggi membutuhkan siswa yang natural, yang cocok dengan pilihan prodinya, sehingga bisa selesai tepat waktu dan saat lulus terjun ke masyarakat bisa memberikan banyak kontribusi bagi bangsa dan negara," katanya.

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024