Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lansia di wilayah setempat mencapai 70 persen dari target sasaran.

"Cakupan vaksinasi COVID-19 untuk lansia sudah mencapai 70 persen, tepatnya 70,51 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Jusi Febrianto di Purbalingga, Kamis.

Baca juga: Temanggung prioritaskan warga lansia- pelayan publik dapat vaksinasi penguat

Dia menjelaskan sebanyak 69.730 orang lansia di wilayah ini sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai.

"Jumlah 69.730 itu berarti sudah mencapai 70,51 persen dari 98.887 sasaran vaksinasi lansia di wilayah ini," katanya.

Kendati telah mencapai 70 persen, kata dia, pihaknya masih akan terus berupaya meningkatkan lagi cakupan vaksinasi bagi kelompok lansia tersebut. "Vaksinasi untuk lansia ini sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap COVID-19, khususnya varian baru Omicron, karena kelompok ini yang paling rentan terhadap potensi penularan COVID-19," katanya.

Dia menambahkan capaian keseluruhan vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat hingga hari ini tercatat sebesar 88,01 persen dari target sasaran.

"Sebanyak 685.348 atau 88,01 persen dari target 778.743 warga di daerah ini sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama," katanya.

Dia mengatakan capaian vaksinasi terus mengalami peningkatan menyusul upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Purbalingga bersama seluruh instansi terkait.

"Hingga kini kami juga masih terus memperkuat sinergi dengan sejumlah pihak terkait, khususnya dengan TNI, Polri dan berbagai pihak lainnya," katanya.

Pihaknya kembali mengingatkan warga yang belum divaksin untuk segera mendaftarkan diri untuk program vaksinasi COVID-19 ke Puskesmas terdekat.

"Warga juga bisa menghubungi kader kesehatan yang ada di desanya seperti bidan desa. Selain itu, juga bisa menghubungi Babinsa atau Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing," katanya.

Baca juga: Riset: Vaksin ke-4 COVID tingkatkan daya tahan lansia 3 kali lipat
Baca juga: Kudus gelar vaksinasi penguat bagi lansia-masyarakat rentan

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024