Wonosobo (ANTARA) - Anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki pengaruh kuat di lingkungannya sekaligus turut berkiprah dalam memajukan perempuan, kata Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

"Kami mengapresiasi GOW Kabupaten Wonosobo atas kiprah dan komitmennya dalam melakukan pemberdayaan perempuan dan anak di Wonosobo," katanya saat mengukuhkan pengurus GOW Kabupaten Wonosobo periode 2021-2026 di Wonosobo, Senin (17/1).

Ia berharap GOW di bawah pimpinan Maya Rosida mampu meningkatkan sinergi yang sudah terjalin selama ini antara GOW dengan Pemkab Wonosobo dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada, khususnya perempuan dan anak, baik masalah pendidikan, ekonomi, budaya dan politik.

Ia menegaskan perempuan memiliki ruang yang luas untuk berkarya dan berkontribusi, karena Pemkab Wonosobo dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) menjadikan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender sebagai fokus dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan.

"GOW sebagai organisasi perempuan juga mengusung napas perjuangan para pendahulu yang memperjuangkan kemajuan kaum perempuan dan kesetaraan gender," kata Afif.

Ketua Umum GOW terpilih Maya Rosida mengungkapkan kesejahteraan perempuan dan anak menjadi salah satu tolak ukur dari kemajuan suatu daerah.

Ia menyampaikan tanpa mengesampingkan peran laki-laki, perempuan mampu berkontribusi mewujudkan negara yang kuat dan tangguh, salah satunya dengan melahirkan dan mendidik anak-anaknya menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas.

"Semoga lima tahun ke depan, mampu menjalankan tugas dengan baik, siap bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga tetap menjadi mitra terbaik Pemkab Wonosobo dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas, maju, serta sejahtera," kata Maya.

Mantan Ketua Umum GOW Kabupaten Wonosobo Nurhidayati berharap GOW sering melakukan diskusi dan bertukar pikiran, baik dengan bupati dan wakil bupati maupun OPD terkait untuk meningkatkan kualitas dan peran GOW dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

"Mari bekerja dengan semangat persaudaraan, solidaritas, kreativitas, dan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat serta selalu membangun sinergi dengan pemerintah daerah," katanya. 

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024