Purwokerto (ANTARA) - Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto mengatakan pihaknya pada tahun 2021 mengungkap 123 kasus kejahatan dari total 142 laporan kasus yang masuk.

"Sejak Januari hingga November 2021 kami mengungkap 123 kasus kejahatan dari 142 kasus yang dilaporkan ke polres," katanya melalui siaran pers, Jumat.

Pada tahun 2021 pihaknya juga sudah melaksanakan program vaksinasi dengan capaian 89,25 persen atau sebanyak 142.631 dari target 159.816 sasaran.

"Dengan makin banyak warga yang tervaksin semoga herd immunity masyarakat juga makin meningkat di tengah pandemi COVID-19," kata Kapolres.

Menyinggung soal pengamanan malam Tahun Baru 2022, dia mengatakan bahwa pihaknya menggelar kegiatan secara terpadu bersama instansi terkait dan elemen masyarakat.

"Kami juga telah menggelar operasi pengamanan sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang," katanya.

Polres setempat telah mendirikan pos pengamanan di gereja-gereja, pos pelayanan di ruas jalan utama serta terminal dan obyek wisata,  dan pos terpadu di Alun-Alun Banjarnegara.

"Petugas di pos-pos pengamanan juga secara berkala melakukan sosialisasi guna mengajak masyarakat memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan," katanya.

Dikatakan pula bahwa patroli pada malam tahun baru diprioritaskan pada tempat-tempat yang diperkirakan rawan kerumunan masyarakat.

"Kami mengantisipasi kerumunan dan kejadian pelanggaran protokol kesehatan yang berpotensi penularan atau penyebaran COVID-19," katanya.

Kapolres mengimbau seluruh komponen masyarakat agar tidak bersikap euforia dengan perayaan ataupun pesta pada malam pergantian tahun.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh warga agar lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 serta mengantisipasi kemunculan gelombang baru maupun varian baru," katanya.

Baca juga: Tindak kejahatan di Banyumas tahun 2021 turun menjadi 426 kasus

Baca juga: Polres Batang tindak 138 kasus kejahatan

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024