Brebes (ANTARA) - Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi memberikan apresiasi atas inovasi pengamanan dan pelayanan yang dilaksanakan Polda Jateng dalam rangka operasi Lilin Candi 2021.

Hal tersebut disampaikan Asops dan Kakorlantas pada saat asistensi di pos pelayanan Gate Toll Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Sabtu.

Asops dan Kakorlantas memberikan arahan terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 pada para kapolres eks-Wilayah Pekalongan dan sejumlah perwira Polda Jateng.

Asops juga mengapresiasi capaian vaksinasi di Jateng yang melampaui target nasional dengan total 76,9 persen.

Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi dalam arahannya menegaskan bahwa momen pengamanan libur Natal dan Tahun Baru adalah momentum bagi Polri.

"Momen pengamanan Nataru adalah momentum Polri untuk menunjukkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu, anggota harus siap dan jangan ada yang melanggar," katanya.

Menurut dia, penanganan mobilitas masyarakat selama natal dan tahun baru memerlukan koordinasi semua pihak antara pengelola jalan tol hingga pemerintah daerah setempat.

"Daerah Jateng merupakan area tumpuan bagi masyarakat yang bergerak dari Jakarta ke Jawa Timur dan sebaliknya. Mereka berkumpul di Jateng untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan," kata Irjen Firman.

Ia minta pada jajaran tetap waspada mengingat berkumpulnya masyarakat ini akan mengundang potensi penyebaran COVID-19 di rest area.

"OLeh karena itu, pos pelayanan di tol tidak hanya memberikan pengamanan dan pelayanan pada masyarakat saja, termasuk penegakan protokol kesehatan.Akan tetapi juga dilengkapi dengan gerai vaksinasi," katanya.

Sementara, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan bahwa Polda Jateng menerapkan pengamanan secara terintegrasi dimasing-masing pos pelayanan. 

Adapun pusat pengendalian pengamanan, kata dia, berada di pos Gate Toll Pejagan Brebes dan Pos Kalikangkung, Semarang.

"Anggota juga wajib siaga terkait pengamanan natal dan tahun baru, baik dalam pengamanan arus lalu lintas maupun mencegah potensi gangguan kriminalitas. Intinya Polda Jateng optimal untuk memberikan jaminan bagi masyarakat selama libur natal dan tahun baru," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024