Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, meskipun jumlah kasus aktif COVID-19 di wilayah ini terus menurun," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Jumat.

Dia mengatakan, Polres Banjarnegara terus gencar menyosialisasikan protokol kesehatan dan kampanye tertib lalu lintas kepada seluruh masyarakat Banjarnegara.

Tujuannya, kata dia, guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar menambahkan, sosialisasi protokol kesehatan juga merupakan bagian dari kegiatan Operasi Zebra Candi 2021.

"Dalam operasi ini Polres Banjarnegara melakukan kampanye tertib lalu lintas kepada masyarakat Banjarnegara seraya menggencarkan dan mengingatkan pentingnya protokol kesehatan.

Dia mengatakan, personel yang bertugas terus memantau dan memastikan bahwa para pengendara yang melintas telah mematuhi protokol kesehatan.

"Terkait penerapan protokol kesehatan, sejauh ini sebagian besar pengendara yang melintas atau melewati jalan raya terpantau sudah mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa masyarakat diminta untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, terutama pada masa liburan Natal dan tahun baru.

"Masyarakat agar tetap konsisten melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, khususnya pada masa liburan Natal dan tahun baru karena dikhawatirkan terjadi peningkatan mobilitas di tengah masyarakat," katanya.

Dia menambahkan sebagai upaya meningkatnya mobilitas masyarakat pihaknya akan menyiapkan check point untuk pemeriksaan terkait dengan vaksinasi dan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Khususnya bagi pengendara yang lalu lalang di seputar Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, Operasi Zebra Candi 2021 digelar selama 14 hari, mulai 15 hingga 28 November 2021.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024