Wonosobo (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo semakin serius mematangkan program "smart city" (kota cerdas) demi terwujudnya pemerintahan dengan kualitas layanan publik sesuai standar kebutuhan masyarakat di era digital.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Retno Eko Syafariati di Wonosobo, Selasa mengatakan guna pengembangan kota cerdas, pihaknya melakukan kunjungan pembelajaran ke Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang lebih maju penerapan program tersebut.

"Kunjungan kami pada Senin (22/11) tersebut merupakan upaya menambah ilmu dan mendalami implementasi smart city di daerah lain.

Baca juga: "Magelang Cerdas" masuk Top 10 KIPP Jateng

Ia menyampaikan dari kunjungan selama satu hari tersebut, pihaknya mengaku mendapatkan banyak materi yang akan mendukung pengembangan Wonosobo Kota Cerdas.

"Salah satunya, berjalannya program unggulan smart environment dan smart economy di Kabupaten Kulon Progo yang kelak akan dapat diimplementasikan pula di Wonosobo. Tentu ada proses setelah nanti kami dalami dan dilakukan kajian lebih lanjut sebelum direalisasikan di sini," katanya.

Kepala Bidang Informatika, Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Sugeng Riyadi mengatakan pihaknya akan mempelajari serta menerapkan beberapa program kota pintar yang nantinya bisa dilakukan di Kabupaten Wonosobo.

"Mengingat program tersebut memerlukan terobosan yang kreatif, bukan hanya tentang teknologi informasi, tetapi juga kecepatan dalam segi pelayanan terhadap publik maka diperlukan pendalaman lebih lanjut," katanya.

Menurut dia Smart City Wonosobo masih terus berproses sesuai dengan panduan yang telah disusun, dengan tetap melibatkan pihak-pihak terkait sesuai dengan program-program unggulan, meliputi smart branding, smart living, smart environmet, smart economy, smart society, dan smart covernment. 

Baca juga: Kota Magelang masuk 25 besar Kota Cerdas
Baca juga: Bupati Demak ajak masyarakat dukung terwujud kota cerdas

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024