Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendeklarasikan Aktivitas Pola Hidup Sehat Civitas Academica UMP bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021.

Deklarasi yang digelar di Lapangan Mas Mansoer, Kampus Ahmad Dahlan UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Jumat, diawali dengan apel sehat dan dilanjutkan penandatanganan Komitmen Aktivitas Pola Hidup Sehat dan cek kebugaran di Klinik UMP.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan segenap civitas academika UMP harus menggemari salah satu olahraga dan memiliki pola hidup sehat.

Baca juga: Kota Semarang terus gulirkan Festival Pasar Sehat

"Kami ingin keluarga besar UMP yang sudah melakukan aktivitas kerja, sejak muda sampai pensiun nanti tetap sehat, menikmati hidupnya dengan indah. Oleh karena itulah, UMP bergabung bersama beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dalam kelompok heath promoting university menuju kampus sehat," katanya.

Menurut dia, ukuran kampus sehat dapat dilihat mulai dari dosen yang sehat, pegawai sehat, dan mahasiswa juga sehat dengan cara sehat pemikiran, sehat perilaku, serta sehat lingkungannya.

Ia mengatakan indikator orang sehat adalah ketika bernapas merasa nyaman atau lega, tidur nyenyak, dan memiliki etos kerja yang baik atau tidak loyo saat bekerja.

"Sehat merupakan nikmat terbesar. Orang tidak sehat tentu tidak bisa datang dalam sebuah acara atau orang tidak sehat tentu tidak bisa beraktivitas dengan baik," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan sehat menjadi hal penting yang perlu diperhatikan bersama, sehingga harus diprioritaskan

"Jangan sampai itu (sehat, red.) menjadi hal paling akhir, baru setelah sakit mengatakan itu sebagai sesuatu hal yang paling penting," katanya menegaskan.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan poin penting dalam deklarasi Pola Hidup Sehat adalah perilaku hidup bersih dan sehat termasuk kampus sehat.

Selain itu, kata dia, kampus yang taat pada protokol kesehatan untuk melawan COVID-19 serta terciptanya kampus yang bersih, sehat, dan nyaman.

"Ini penting untuk menjadi suasana pendidikan yang memang nanti akan melahirkan orang-orang baru, pemimpin masa depan," kata Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan peluncuran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMP Tahun Akademik 2022/2023. 

Baca juga: Bunda, cermati nutrisi camilan untuk anak
Baca juga: Delapan makanan ini mampu ceriakan suasana tubuh

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024