Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah meluncurkan mobil vaksin sebagai usaha jemput "bola" guna memastikan masyarakat bisa mendapatkan akses vaksinasi COVID-19 dengan cepat dan mudah.

"Hari ini Polres Purbalingga meluncurkan mobil vaksin jemput bola dan juga mobil masker dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi dan penanggulangan penyebaran COVID-19," kata Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan di Purbalingga, Rabu.

Pihaknya berharap dengan adanya mobil vaksin akan dapat mempercepat capaian vaksinasi sesuai dengan target yang diharapkan.



"Dengan mobil vaksin diharapkan bisa menjemput masyarakat yang tidak bisa hadir dalam vaksinasi serentak. Selain itu, mobil masker bertujuan untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat khususnya saat pelaksanaan operasi yustisi," katanya.

Kapolres menambahkan, upaya penanganan COVID-19 harus dilakukan dengan gotong-royong dan koordinasi yang baik agar dapat berjalan optimal.

"Upaya penanganan COVID-19 menjadi tugas bersama termasuk juga seluruh masyarakat, semua harus dilakukan dengan gotong-royong dan keikhlasan. Harapannya upaya penanganan COVID-19 di Purbalingga bisa berjalan maksimal sekaligus meningkatkan cakupan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Pujiono menyampaikan mobil vaksin merupakan inovasi dari Polres Purbalingga untuk mendukung percepatan vaksinasi.

Baca juga: Gubernur Jateng bantah vaksin kedaluwarsa karena terlambat distribusi

"Kami melakukan vaksinasi jemput bola terhadap masyarakat yang belum tersentuh vaksin. Selain itu, kami bagikan 25 ribu masker dukungan dari berbagai pihak. Ini sebagai salah satu langkah edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan bahwa dalam mobil vaksin disiapkan 500 dosis vaksin bagi masyarakat. Sedangkan mobil masker berisi 1.000 masker untuk masing-masing kecamatan.

Kabag Ops menambahkan selain vaksinasi dan pembagian masker, pihaknya juga akan melakukan kegiatan berbagi dengan masyarakat.

"Melalui vaksinasi jemput bola kami bagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Sementara itu, kegiatan peluncuran mobil vaksin dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Forkopimda.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan masker secara simbolis dan bantuan sembako oleh Forkopimda kepada personel Polri dan TNI untuk dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Kudus tunggu petunjuk BPOM soal 4.000 dosis vaksin kedaluwarsa

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024