Solo (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berupaya mendukung perkembangan budaya dalam negeri melalui pergelaran Wayang Youth Festival 2021.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja pada seremoni pembukaan festival tersebut secara daring diikuti di Solo, Senin, mengatakan BCA senantiasa berkomitmen untuk menjadi bagian dalam pelestarian seni budaya khususnya seni wayang.

Ia mengatakan sejak tahun 2012, BCA telah mengembangkan berbagai program edukasi seni wayang.

"Kami mengundang generasi muda mengikuti kompetisi membuat komik wayang dan seni drama tari wayang sekaligus kami ikut melestarikan wayang dengan cara kekinian," katanya.

Komisaris BCA Cyrillus Harinowo mengatakan tujuan dari pengembangan wayang di Indonesia karena ingin menggelorakan semangat kreativitas khususnya dalam aktivitas seni budaya anak bangsa yaitu seni wayang.

"Kami berupaya menjalankan program pelestarian wayang secara konsisten sebagai usaha untuk mempertahankan penetapan wayang Indonesia sebagai Warisan Maha Karya Dunia oleh UNESCO," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi Restu Gunawan menyambut baik upaya yang dilakukan oleh BCA dalam melestarikan budaya wayang sebagai warisan dunia.

Apalagi, dikatakannya, BCA juga mengajak generasi muda untuk berpartisipasi pada Wayang Youth Festival 2021.

"Saya berharap upaya BCA dan forum komunitas, khususnya Sampan Bujana Sentra (SBS) untuk memberikan sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai wayang kepada generasi muda dapat terus berjalan sehingga outstanding universal value dari wayang yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia bisa terus berjalan agar bisa memberikan tuntunan dan tontonan kepada kita semua," katanya.

Waktu pendaftaran Wayang Youth Festival 2021 yang mengusung tema "Wayang Heroik" tersebut dibuka mulai hari ini hingga 28 November 2021.

Pada kegiatan yang bekerja sama dengan Sampan Bujana Sentra tersebut Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati berharap melalui program edukasi "BCA untuk Wayang Indonesia" kepada generasi muda dapat meningkatkan pemahaman generasi muda atas nilai-nilai teladan yang terkandung dalam budaya kesenian wayang.

Terkait dengan upaya pengembangan wayang tersebut, katanya, berbagai kegiatan telah dilakukan, di antaranya Wayang for Student dan Wayang Day yang berhasil menyerap hampir 14.000 peserta dari berbagai kota dari tahun 2012-2019.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan dan memberikan motivasi bagi generasi muda untuk menanamkan kepedulian terhadap kesenian wayang. Jika tidak dimulai dari sekarang, maka kepunahan budaya ini pun mungkin bisa terjadi," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024