Purwokerto (ANTARA) - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banjarnegara berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam menyosialisasikan pentingnya vaksinasi guna mendukung upaya percepatan penanganan pandemi.

"IPHI Banjarnegara akan membantu menyosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat di wilayah setempat," kata ketua IPHI Kabupaten Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Minggu.

Dia menambahkan pihaknya juga akan berperan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

"Kami akan terus mengingatkan kepada masyarakat agar jangan lengah dan masih harus tetap memperkuat protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir," ujarnya.

IPHI Banjarnegara, kata dia, akan mendorong seluruh anggota untuk ikut berperan aktif menggerakkan masyarakat.

Selain kegiatan vaksinasi dan sosialisasi protokol kesehatan, kata dia, pihaknya juga akan mendorong anggota IPHI untuk terlibat aktif dalam kegiatan sosial lainnya.

"Dalam bidang kesehatan, IPHI turut mengembangkan RSI Banjarnegara dan turut serta sosialisasi secara intensif dalam program pengadaan kartu IPHI yang bermanfaat sebagai kartu peduli kesehatan bagi anggota. Di bidang ekonomi IPHI mengajak anggota untuk menghidupkan kegiatan ekonomi rakyat di masa pandemi ini," tuturnya.

Dia mengatakan, keluarga besar IPHI Banjarnegara memiliki potensi yang besar untuk berperan aktif dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Potensi ini adalah modal besar IPHI dan harus dikembangkan dan diwujudkan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat bersama dengan komponen organisasi sosial dan keagamaan lainnya," ucap dia.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus mengintensifkan percepatan program vaksinasi guna meningkatkan capaian target kekebalan kelompok.

Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin mengajak seluruh pihak di wilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam upaya menyukseskan program vaksinasi.

Dia menjelaskan vaksinasi merupakan program pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 sehingga perlu peran aktif dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik.

Dia juga mengatakan dirinya ikut mengawal secara langsung guna memastikan program vaksinasi berjalan sesuai target.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024