Kudus (ANTARA) - Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menegaskan tidak hanya sekadar menjalankan tugas pengawasan sekolah, melainkan bertekad untuk membantu peningkatan kualitas mutu pendidikan di daerah setempat.

"Dalam rangka membantu peningkatan mutu pendidikan, tentunya nanti banyak program kegiatan yang akan dijalankan bersamaan dengan tugas pengawasan. Di antaranya melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial kepala sekolah," kata Ketua APSI Kudus Suyanto saat bersilaturahmi dengan Bupati Kudus Hartopo di Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat.

Ia mengungkapkan APSI merupakan salah satu mitra Dinas Pendidikan yang bertujuan bisa membantu meningkatkan mutu para guru dan tenaga kependidikan yang ada.

Organisasi APSI Kudus dengan 63 anggota yang baru berjalan ini, diharapkan memberikan manfaat serta berperan mengembangkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kudus.

Salah satu program kegiatan yang digagas dalam waktu dekat bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yakni melaksanakan webinar yang akan dilaksanakan selama satu bulan untuk layanan kepada para guru yang bertepatan dengan "Hari Guru Nasional".

Sementara itu, Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi komitmen APSI yang dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kudus bersamaan dengan tugas pokok mereka sebagai pengawas pendidikan.

"Tugas pengawasan dan penilaian kinerja guru serta kepala sekolah diharapkan optimal. Sedangkan pembinaan guru dan kepala sekolah juga perlu dilakukan setidaknya satu bulan sekali agar kinerja mereka juga optimal," ujarnya.

Ia mengingatkan dalam rangka memajukan pendidikan di Kudus, jangan lupa untuk melibatkan komite sekolah yang dimungkinkan ada masukan maupun evaluasi atas kinerja para guru selama ini. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024