Purwokerto (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto (IKA UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bersiap untuk menerima peluang dan tantagan di dunia kerja.

Hal itu terungkap dalam webinar bertema "Peluang dan Tantangan Dalam Penyiapan Tenaga Kerja di Era Digital" yang digelar IKA UMP melalui Zoom Meeting pada hari Selasa (27/10).

Webinar tersebut menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Dr Wartanto MM serta Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2005-2009 yang juga Direktur Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prsiden Cikarang Dr Erman Soeparno MBA.

Dalam sambutannya, Ketua IKA UMP Djohar MPd mengatakan webinar tersebut sangat dibutuhkan anak-anak muda dalam menyiapkan diri mereka untuk mencari pekerjaan. 

"Webinar tentang ketenagakerjaan adalah sesuatu yang memang sangat dibutuhkan terutama untuk anak-anak muda kita dan juga untuk lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan kejuruan, bagaimana menyiapkan tenaga kerja yang bisa bersaing di era digital ini. Demikian pula informasi tentang peluang tenaga kerja juga menjadi penting agar para generasi muda dan kita bisa merespons sebaik-baiknya," katanya.

Baca juga: UMP segera laksanakan perkuliahan tatap muka

Saat menyampaikan materi, Sesditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek Dr Wartanto MM memaparkan empat pilar visi Indonesia 2045 atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Pencapaian visi dan impian Indonesia 2045 dibangun dengan empat pilar berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa dan konstitusi. Pertama, pembangunan manusia serta penguasaan iptek, kedua, pembangunan ekonomi berlanjutan, ketiga, pemerataan pembangunan, serta keempat, pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan beberapa langkah yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan dari para pencari kerja. 

"Pertama adalah penguatan karakter yang meliputi beberapa karakter seperti kejujuran, pekerja keras, dan kerja tekun. Selanjutnya penguatan soft skill yang meliputi kemampuan berpikir kritis, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan, serta yang terakhir penguatan hard skill kemampuan keterampilan teknik yang dibutuhkan sebuah pekerjaan seperti keterampilan komputer, elektronik dan otomotif," kata Wartanto. (Adt)

Baca juga: Webinar internasional Fikes UMP hadirkan narasumber lintas negara
Baca juga: UMP kembali berikan beasiswa untuk Kokam Indonesia

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024