Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali memberikan beasiswa untuk Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Indonesia. 

Beasiswa tersebut diberikan Rektor UMP Dr Jebul Suroso di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP dalam acara Apel dan Refleksi Kokam Nasional dalam rangka Milad ke-56 Kokam bertajuk Menjaga Moderasi Islam, Merawat NKRI, dan Pancasila, Jumat (1/10) malam. 

"UMP merupakan rumah kader persyarikatan. UMP adalah rumah besar untuk Kokam. Oleh karena itu, betul kami sediakan beasiswa untuk membangun SDM Kokam yang kuat. Bukan hanya Kokam, juga putra-putri anggota Kokam. Kita kasih Rp1 miliar," kata Rektor UMP Dr Jebul Suroso.

Menurut dia, UMP akan memfasilitasi para kader muda Muhammadiyah untuk bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi Muhammadiyah itu. 

Ia mengatakan kader Muhammadiyah yang kuliah di UMP juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang disediakan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Baca juga: UMP wisuda 10 anggota Polri lulusan Magister Manajemen

Rektor mengharapkan dengan adanya peluang mendapatkan beasiswa di UMP, bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kader Muhammadiyah. 

"Jangan sampai kader-kader kita yang potensial, tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi karena akan menjadi kerugian bagi kita semua," tegasnya.

Saat memberi sambutan, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah Eko Pujiatmoko SE menyampaikan terima kasih kepada UMP.

"Kita dapat hadiah dari UMP, yaitu beasiswa S1 dan S2 untuk kader Kokam. Terima kasih UMP. Ini harus segera disambut, karena era sekarang ini era kompetensi," katanya. 

Ia mengatakan anggota Kokam jangan hanya terampil dalam skil, juga harus siap jadi aktor intelektual sehingga Kokam jelas arahnya. 

Acara apel dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto MHI, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Drs H Tafsir Mag, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, dan Komandan Nasional Kokam Dr Zainuddin MH. (tgr)

Baca juga: 4 mahasiswa internasional ikuti wisuda di UMP Banyumas
Baca juga: Mahasiswa Masta IMM UMP deklarasikan Gerakan Lawan Hoaks di Era Digital

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024