Magelang (ANTARA) - Bupati Magelang Zaenal Arifin mengajak para santri ikut menyukseskan program nasional vaksinasi COVID-19 pada momentum Hari Santri Nasional Tahun 2021.

"Kami harapkan peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini menjadi momentum penting bagi kaum santri untuk secara bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19," kata Zaenal Arifin dalam siaran pers yang diterima di Magelang, Kamis.

Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar mujahadah dan pengajian secara virtual dengan mengangkat tema "Santri Siaga Jiwa Raga".

Baca juga: Ahli: Masyarakat harus sukseskan program vaksinasi COVID-19
Baca juga: Dinkes Purbalingga ajak warga sukseskan program vaksinasi

Zaenal mengatakan sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim, para santri Indonesia sudah semestinya diberikan peran dan ruang lebih banyak dalam membantu penanganan COVID-19 di negeri ini.

Menurut dia, penanganan pandemi COVID-19 bukan sekadar mengatasi penyebaran virusnya, namun juga pentingnya membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait pandemi dan cara menyikapinya.

Ia menyampaikan ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan dan adanya persepsi keliru tentang COVID-19 juga masih kerap ditemui di sebagian kalangan masyarakat.

"Di sinilah peran serta santri dalam tataran 'hablum minannas' patut dihadirkan dan dikedepankan untuk kemaslahatan umat," katanya.

Bupati Magelang juga mengajak para alim ulama, kiai, santri, pondok pesantren, tokoh agama, lembaga keagamaan, dan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi yang saat ini sedang gencar dijalankan.

Menurut dia, vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar secara lahir dan setiap umat beragama wajib menjaga keberlangsungan hidup.

"Siaga Raga juga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri jangan pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia, sehingga Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 sekarang ini. Santri juga harus tetap disiplin dan tidak boleh lengah melaksanakan protokol kesehatan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Zaenal menyerahkan sejumlah hadiah dan penghargaan bagi para santri berprestasi, di antaranya juara lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub (Putra), juara lomba adzan tingkat SD/MI, dan juara lomba adzan tingkat SMP/MTs.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024