Temanggung (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendukung program percepatan vaksinasi COVID-19 dengan menggelar vaksinasi massal untuk 500 orang.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto di Temanggung, Kamis, mengatakan hari ini DPRD Kabupaten Temanggung membantu percepatan vaksinasi dengan menyiapkan 500 dosis vaksin tahap pertama.

"Dilihat dari indikator percepatan vaksin Kabupaten Temanggung saat ini belum mencapai angka 50 persen dan masih jauh untuk mencapai angka tersebut sehingga kami bersama jajaran pemda saling mendorong untuk melaksanakan percepatan vaksinasi," katanya.

Ia mengharapkan dengan percepatan vaksinasi ini, Kabupaten Temanggung bisa turun dari level 3 ke level 2.

"Syukur-syukur bisa ke level 1 dan zona hijau maka bisa melaksanakan aktivitas seperti sedia kala," katanya.

Ia menyampaikan vaksinasi massal dengan menggunakan vaksin Sinovac ini sasarannya untuk masyarakat umum di atas 12 tahun. Vaksinasi untuk 500 dosis ini dilaksanakan dalam satu hari.

Yunianto menuturkan sesuai dengan semangat bersama pemda untuk melanjutkan percepatan vaksinasi ke depan akan melaksanakan agenda vaksinasi setiap seminggu sekali atau bahkan 2-3 hari sekali ketika memang itu dibutuhkan.

"Untuk melakukan percepatan vaksinasi, selain dari kesiapan para tenaga kesehatan maupun kelembagaan terkait maka unsur pemerintahan ini juga harus saling bersama-sama," katanya.

Dia menjelaskan kegiatan vaksinasi massal ini belum termasuk tambahan yang 118.000 vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Hari ini atau dalam waktu dekat, bupati beserta jajaran OPD terkait seperti Dinkes dan forkompimda akan melaksanakan formulasi untuk percepatan penanganan tambahan vaksin sebanyak 118.000 dosis," katanya. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024