Semarang (ANTARA) - BPJS Ketengakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cilacap dan Bank BTN Cabang Purwokerto menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui perbankan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cilacap Dewi Manik Imannury menjelaskan penandatanganan yang dilakukan pada Selasa (21/9) tersebut dimaksud untuk meningkatkan jumlah kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui perbankan salah satunya melalui kerja sama dengan BTN Purwokerto.

"Dengan perjanjian kerja sama ini, nantinya mitra Bank BTN seperti notaris, developer, agen Batara, debitur UMKM menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya di wilayah Cilacap," kata Dewi.

Dewi mengakui peran perbankan sangat membantu dalam mensukseskan program pemerintah termasuk dalam memberikan perlindungan para pekerja pada Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut, lanjut Dewi, pendaftaran sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan akan melalui transaksi UMKM di wilayah kerja BTN Cabang Purwokerto.

"Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini, dapat memberikan dampak positif khususnya dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Cilacap," kata Dewi.

Dewi optimistis masih banyak potensi kepesertaan Progran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dalam ekosistem koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah yang perlu digali.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024