Boyolali (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar vaksinasi secara gratis untuk hewan dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia di daerah itu yang jatuh setiap 28 September.

"Disnakkan Kabupaten Boyolali dalam peringatan Hari Rabies Dunia, berpartisipasi dalam penanggulangan penyakit rabies dengan melakukan vaksinasi hewan kesayangan secara gratis," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Boyolali, Afiany Rifdania, di Boyolali, Selasa.

Ia mengatakan di Kabupaten Boyolali tidak ditemukan kasus rabies sejak 1997 dengan ditetapkan Jawa Tengah bebas rabies.

Akan tetapi, pihaknya tetap memberikan 500 dosis vaksin pada hewan kesayangan warga yang menjadi sumber penyakit rabies.

"Vaksin yang tersedia ada 500 dosis yang terdiri dari 200 dosis untuk yang di 'pet shop' dan 300 dosis untuk disebar di lima puskeswan di Kabupaten Boyolali," katanya.

Dia menyebut 300 dosis vaksin rabies tersebut berasal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, sedangkan 200 dosis lainnya bantuan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dengan jumlah anggaran seluruhnya mencapai Rp25 juta.

Baca juga: Temanggung sediakan layanan vaksinasi hewan gratis di Hari Rabies Sedunia

Ia menjelaskan program vaksinasi rabies salah satu cara memberantas dan mencegah penyakit rabies yang disebabkan oleh virus pada hewan bertaring, seperti anjing, kucing, kera, dan musang.

Ia mengimbau para pemilik hewan di rumah selalu menjaga kesehatan dan memeriksakan kesehatan hewan secara rutin.

"Harus secara rutin memeriksakan kesehatan ke dokter hewan terdekat baik di puskeswan atau di 'pet shop', harus rutin dilaksanakan. Ada program pemerintah vaksinasi gratis 'pet animal' jadi kami sarankan untuk setiap tahun memvaksinkan anjing atau kucing ke puskeswan terdekat," katanya.

Bagi masyarakat yang menginginkan vaksin rabies secara mandiri, dia menyarankan mereka membawa hewan peliharaan ke "pet shop" atau dokter hewan terdekat dengan biaya Rp50 ribu hingga Rp70 ribu.

Kabupaten Boyolali memiliki lima puskeswan yang siap membantu masyarakat merawat kesehatan hewan. Kelima puskeswan tersebut di Kecamatan Mojosongo, Ngemplak, Simo, Karanggede, dan Ampel.

Baca juga: Jateng sediakan 8.000 vaksin antisipasi rabies
Baca juga: Cegah rabies, Disnak Keswan bagikan 500 dosis vaksin gratis

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024