Temanggung (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, menyediakan pelayanan vaksinasi anti-rabies gratis untuk 350 hewan peliharaan guna memperingati Hari Rabies Sedunia pada 28 September 2021.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto di Temanggung, Selasa, mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi anti-rabies disediakan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Temanggung dan Puskeswan Kedu.

"Vaksinasi gratis ini berlangsung selama tiga hari pada 28 sampai 30 September 2021 di Puskeswan Temanggung untuk penyuntikan kucing dan di Puskeswan Kedu untuk penyuntikan anjing," katanya.

Baca juga: Jateng sediakan 8.000 vaksin antisipasi rabies

Ia menambahkan, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Regional Jawa Tengah III memberikan sumbangan 350 dosis vaksin anti-rabies untuk pelayanan vaksinasi gratis tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih pada PDHI yang sudah berpartisipasi membantu kami untuk pengadaan vaksinasi rabies ini," katanya.

Rabies adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas.

Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies dan menular melalui saliva hewan seperti anjing, kucing, dan kera yang terinfeksi virus.

Vaksinasi hewan peliharaan ditujukan untuk menekan risiko penularan virus rabies dari hewan ke manusia.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, Temanggung bagikan 200 dosis vaksin gratis
Baca juga: Penyakit rabies menyerang syaraf dan otak secara cepat

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024