Temanggung (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah memberikan layanan gratis 200 dosis vaksinasi rabies bagi hewan piaraan dalam memperingati Hari Rabies Sedunia 2020.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Esti Dwi Utami di Temanggung, Senin, mengatakan layanan vaksinasi dilakukan di Puskeswan Kedu dan Gilingsari.

"Layanan vaksinasi gratis ini diharapkan sebagai stimulan membangkitkan kesadaran masyarakat terkait bahaya penyakit rabies sehingga partisipasi aktif masyarakat kaitannya dengan pencegahan ini bisa melakukan vaksinasi mandiri," katanya.

Ia menuturkan vaksinasi mandiri bisa dilayani di dokter-dokter hewan setempat di seluruh Kabupaten Temanggung.

Esti menyampaikan status Kabupaten Temanggung adalah bebas terancam. Perlu diketahui bahwa di Indonesia ada 26 provinsi yang sudah positif rabies.

"Temanggung dalam hal ini wilayah Jawa Tengah masih berstatus bebas, namun demikian karena kita berbatasan dengan daerah yang sudah terkonfirmasi rabies yaitu Jabar, maka kita mempunyai status bebas terancam, karena lalu lintas anjing terutama dari Jabar yang masuk ke Jateng itu luar biasa," katanya.

Ia mengimbau masyarakat mewaspadai seandainya membeli anjing, kucing atau kera dari daerah Jabar harus dicermati betul tentang status vaksinasi dari hewan piaraan tersebut.

Ia menjelaskan penularan rabies dari hewan ke manusia dari gigitannya.

"Jadi sesuai dengan tema Hari Rabies Sedunia hari ini adalah kolaborasi yang berkualitas kemudian vaksinasi tuntas sehingga bisa membuat Indonesia bebas rabies," katanya.

Ia menuturkan penularan rabies lewat gigitan hewan dan pihaknya sudah menjalin kolaborasi dengan kesehatan manusia dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

"Kalau ada kasus gigitan di manusia nanti kita akan berkonsentrasi pada hewan pembawa rabies kemudian orang yang tergigit itu akan kita laporkan ke Puskesmas setempat untuk ditangani," katanya.

Jadi tugas Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan observasi terhadap hewan selama kurang lebih dua minggu, kalau selama waktu tersebut hewan itu tidak menunjukkan ada kelemahan syaraf dan sebagainya maka tidak ada indikasi tertular rabies.

Ia menyebutkan rabies pada hewan itu ada rabies ganas dan tidak ganas. Biasanya keduanya mempunyai ciri akhir yang sama, yaitu hewan berubah perilaku yang biasanya jinak jadi reaktif, menghindari sinar matahari, dan senantiasa mencari tempat gelap atau sejuk dan yang berbahaya sampai pada menggigit manusia.

Baca juga: Cegah rabies, Disnak Keswan bagikan 500 dosis vaksin gratis

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024