Magelang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono mengemukakan pentingnya keberadaan perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam meningkatkan iklim ekonomi yang kondusif di daerah itu.

"Keberadaan BUMD dinilai penting dalam meningkatkan iklim ekonomi yang kondusif di Kota Magelang," katanya dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Magelang di Magelang, Sabtu.

Ia mengatakan perusahaan BUMD yang maju dan profitabel akan memutar roda ekonomi sehingga mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengemukakan hal itu terkait dengan lima penghargaan diraih Kota Magelang pada ajang TOP BUMD Awards 2021 diselenggarakan Majalah Top Business di Jakarta, Jumat (10/9) malam.

Kelima penghargaan itu, antara lain untuk Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (TOP Pembina BUMD 2021), Direktur Utama Perumda BPD Bank Magelang Hery Nurjianto (TOP CEO BUMD 2021), dan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang Muh Haryo Nugroho (TOP CEO BUMD 2021).

Selain itu, untuk Perumda BPR Bank Magelang (TOP BUMD 2021 kategori Perumda BPR Bintang 4) dan Perumda Air Minum Kota Magelang (TOP BUMD 2021 kategori Perumda Air Minum Bintang 4)

Penghargaan diterima langsung oleh Sekda Kota Magelang Joko Budiyono mewakili Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz. Ia didampingi Direktur Utama Perumda BPD Bank Magelang Hery Nurjianto dan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang Muh Haryo Nugroho.

Joko Budiyono mengatakan penghargaan ini membuktikan bahwa Pemkot Magelang berkomitmen dan fokus pada pembinaan dan pengembangan BUMD Kota Magelang.

Penghargaan TOP BUMD Awards adalah ajang tahunan diselenggarakan Majalah Top Business.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021 M. Lutfi Handayani mengatakan meskipun dunia bisnis masih terdampak pandemi COVID-19, minat para pelaku BUMD mengikuti ajang TOP BUMD Awards 2021 meningkat.

Tahun ini, ajang tersebut diikuti 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia atau meningkat 12 persen dibandingkan dengan pada 2020 yang 163 BUMD.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian atau meningkat sebesar 44 persen dari tahun 2020,” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business itu.

Ia mengatakan TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik. 

 

Pewarta : Hari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024