Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap melelang tujuh jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) untuk mengisi kekosongan empat jabatan kepala dinas, staf ahli, dan dua asisten adminitrasi umum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang Supardi di Batang, Rabu, menyebutkan 28 aparatur sipil negara yang mendaftarkan diri untuk mengikuti proses lelang jabatan tersebut.

"Akan tetapi, setelah seleksi administrasi ternyata tiga dari 28 orang pendaftar dinyatakan tidak lolos karena komulatif bidang atau tugas fungsi kurang dari 5 tahun sesuai dengan jabatan yang dilamar," katanya.

Baca juga: Temanggung ajukan izin lelang tujuh jabatan ke KASN

Supardi menyebutkan tujuh jabatan itu, yakni: kepala dinas kesehatan; kepala dinas kelautan, perikanan, dan peternakan; kepala dinas pariwisata, kepemudaan, dan olahraga; sekretaris DPRD; staf ahli bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan; asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat; asisten administrasi umum bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan.

Adapun posisi jabatan yang diminati pelamar paling banyak, kata dia, adalah jabatan staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan sebanyak tujuh orang, berikutnya jabatan kepala dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga (disparpora) sebanyak empat orang.

Ia mengungkapkan bahwa para peserta lelang jabatan eselon II ini seluruhnya berasal dari lingkungan Pemkab Batang dan tidak ada peserta dari luar daerah meski pihaknya sudah mengirimkan surat ke seluruh BKD di Jateng.

"Semuanya peserta lelang berasal dari lingkungan Pemkab Batang, padahal kami sudah mengirimkan surat ke seluruh BKD di Jawa Tengah. Namun, hingga batas akhir pendaftaran tidak ada yang melamar," katanya.

Untuk pelamar dari luar daerah, kata dia, wajib mendapat persetujuan dari pimpinan, dalam hal ini adalah bupati atau wali kota masing-masing daerah.

Setelah seleksi administrasi selesai, pihaknya akan melakukan uji kompetensi melalui penggalian potensi, uji gagasan, dan wawancara.

"Nantinya, kami akan memilih tiga besar dan diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi penetapan dan pelantikan," katanya menjelaskan.

Adapun pelantikan tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama, kata dia, akan dilakukan oleh Bupati Batang.

Baca juga: Sembilan jabatan eselon II di Temanggung dilelang
Baca juga: Pemkab Kudus buka lelang jabatan untuk 3 kepala dinas

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024