Semarang (ANTARA) - Pertamina menyediakan tes antigen gratis dan pemberian vitamin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Semarang sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menyebutkan ada 3 SPBU yang menyediakan layanan tersebut di waktu yang berbeda pada Kamis, Jumat, dan Senin (12, 13, 16/8).

"Ketiga SPBU tersebut yakni SPBU Ahmad Yani pada 12 Agustus 2021, SPBU Pedurungan pada 13 Agustus 2021, dan SPBU Akpol pada 16 Agustus 2021," kata Brasto.

Menurutnya layanan tes antigen gratis tersebut merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di masyarakat dengan metode 3T (testing, tracing, treatment).

“SPBU merupakan salah satu fasilitas umum yang terus beroperasi di tengah pandemi, untuk itu kami mengajak kepada masyarakat khususnya konsumen SPBU untuk mendeteksi sesegera mungkin apabila merasa terdapat gejala COVID-19, sehingga tracing dan treatment dapat dilakukan sedini mungkin dan tidak menyebar ke orang lainnya,” jelasnya.

Brasto menuturkan dalam pelaksanaannya, Pertamina menurunkan petugas kesehatan perusahaan dan bekerjasama dengan salah satu laboratorium COVID-19 yang ada di Semarang.

“Sebanyak 243 orang mengikuti tes antigen dan menerima paket vitamin selama pelaksanaan 3 hari tersebut,” kata Brasto.

Ditemui di SPBU Pedurungan pada Jumat (13/8), Hari yang berprofesi sebagai ojek online menyampaikan terima kasih kepada Pertamina yang telah menyediakan layanan tes antigen gratis yang dapat dia manfaatkan untuk mendukung pekerjaannya.

“Setiap hari saya harus tetap bekerja sebagai ojek bertemu dengan masyarakat. Dengan adanya tes antigen ini bisa memberikan rasa aman kepada saya sebelum nantinya pulang ke rumah bertemu keluarga,” kata Hari.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024