Purwokerto (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr Ir. Muhammad Zainuri DEA meminta Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang baru dilantik, Dr Arfianto Fahmi ST MT IPM untuk meningkatkan kualitas pendidikan di ITTP.

"Selamat kepada Dr Arfianto yang pada hari ini (2/8) telah resmi dilantik sebagai Rektor ITTP, serta apresiasi untuk Dr Ali Rokhman yang telah menjalankan amanah selama tahun 2017-2021 dengan berbagai prestasi yang telah diukir," katanya saat memberi sambutan dalam acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor ITTP yang digelar secara daring dan luring di Kampus ITTP, Kabupaten Banyumas, Senin siang.

Ia mengharapkan Dr Arfianto dapat mengembangkan langkah-langkah yang lebih strategis dalam meningkatkan akreditasi, penjaminan mutu internal, dan profesionalitas sumber daya manusia ITTP.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Ir Sindhu Aryanto mengharapkan di bawah kepemimpinan Dr Arfianto, ITTP dapat semakin berkibar serta mampu mempertahankan prestasinya.

"Yayasan tentu akan selalu memberikan support (dukungan, red.) kepada ITTP untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian tentunya serta infrastruktur pembelajaran dan serapan alumni dengan bekerja sama dengan berbagai pihak," katanya.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor ITTP yang juga digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube tersebut dihadiri Bupati Banyumas Achmad Husein dan Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Prof Suwarto.

Informasi yang dihimpun, Dr Arfianto terpilih sebagai Rektor ITTP periode 2021-2025 setelah melalui proses pemilihan rektor sejak bulan April hingga Juli 2021 yang diawali dengan penjaringan bakal calon serta pemaparan visi dan misi calon rektor.

Selanjutnya, Senat ITTP melakukan penilaian dan mengusulkan nama calon rektor kepada Yayasan Pendidikan Telkom di Bandung, Jawa Barat. Hingga akhirnya, Yayasan Pendidikan Telkom memutuskan dan menetapkan Dr Arfianto sebagai Rektor ITTP definitif.

Sementara Dr Ali Rokhman MSi setelah mengakhiri jabatannya sebagai Rektor ITTP periode 2021-2021 akan melanjutkan pengabdiannya sebagai dosen di Unsoed Purwokerto.

Selama empat tahun menjabat sebagai Rektor ITTP, Dr Ali Rokhman telah menorehkan berbagai prestasi karena dalam dua tahun pertama kepemimpinannya (2017-2018), dia berhasil memperluas jejaring ITTP melalui berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Kemudian pada tahun 2019, Ali Rokhman berhasil mengantarkan ITTP meraih akreditasi perguruan tinggi dengan status "Baik Sekali" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ali Rokhman juga sering diundang sebagai pembicara pada berbagai forum, salah satunya Forum on Development of China-Indonesia. Selain itu, ITTP berhasil menempati peringkat kedua dalam ajang World’s Universities with Real Impact (WURI) pada tahun 2021.*

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024