Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan panen raya udang vaname dari hasil budi daya udang Kelompok Tani Depok Vaname di Kecamatan Siwalan, Kamis.

Wakil Bupati Riswadi di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa pemkab mengapresiasi kelompok tani yang tetap semangat melakukan budidaya udang di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Atas nama pemkab, kami mengapresiasi Kelompok Tani Depok Vaname yang sukses dalam melakukan budidaya udang vaname dengan hasil panen yang sangat memadai," katanya.

Riswadi mengatakan budidaya udang vaname tersebut menjadi bagian terobosan bagi kelompok tani udang agar tetap bangkit meski saat ini situasi masih serba sulit karena pandemi COVID-19.

"Oleh karena, kami berharap masyarakat di daerah lain bisa mencontoh keberhasilan Kelompok Tani Depok Vaname supaya tetap bisa bertahan meski di tengah pandemi," katanya.

Ia mengatakan dengan semangat yang ditampilkan oleh Kelompok Tani Depok Vaname ini, tidak menutup kemungkinan pemkab akan memberikan bantuan agar warga Desa Depok dan sekitarnya itu mampu memanfaatkan rawa-rawa sebagai sarana budidaya udang vaname.

"Kami yakin dengan kesuksesan yang diraih oleh kelompok tani itu akan bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan di daerah setempat," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Sirhan mengatakan bahwa dalam hal budidaya udang vaname di Desa Depok ini sebelumnya pemkab telah melakukan berbagai kegiatan pembekalan mulai dari pelatihan, bimbingan teknis, penyuluhan, dan pendampingan.

Namun, menurut Sirhan, kegiatan pendampingan tersebut dihentikan pada saat pandemi COVID-19 karena anggaran banyak yang dialihkan untuk penanggulangan pandemi.

Ia mengatakan pihaknya akan berusaha menganggarkan kembali untuk pengembangan budidaya udang dan memberikan pembekalan, serta pendampingan pada tahun ini.

"Sebenarnya untuk bimbingan teknis sudah kami lakukan dengan mendatangkan tenaga ahli dan para penyuluh yang berkaitan dengan budidaya udang," katanya.

Baca juga: Petambak udang di Demak panen dini akibat banjir

Baca juga: Polresta dan kelompok tani udang Pekalongan panen udang vaname

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024