Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang menyiapkan lagi satu tempat isolasi pasien positif COVID-19 tanpa gejala di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang di Kampus V, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 143 Kota Magelang.

"Benar, kita tambah tempat karantina terpadu di Poltekes, dengan kapasitas 80 tempat tidur," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang dr. Intan Suryahati dalam keterangan tertulis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Senin.

Penambahan tempat isolasi ini menyusul kasus COVID-19 yang cenderung naik beberapa waktu terakhir yang berdampak terhadap bed occupancy rate (BOR) rumah sakit (RS) rujukan dan tempat isolasi.

Ia mengatakan saat ini Poltekes sudah siap dihuni oleh pasien positif COVID-19.

"Sudah siap tapi belum ada yang datang, penuhi hotel-hotel dulu," katanya.

Terkait ketersediaan oksigen, Intan memastikan masih mencukupi di Kota Magelang.

Sebelumnya, Pemkot Magelang menyediakan tempat karantina di Hotel Borobudur Indah, Jalan A. Yani dan Hotel Safira, Jalan Gatot Soebroto Kota Magelang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Magelang, BOR di tiga rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 Kota Magelang sudah mencapai 82,8 persen. Tiga rumah sakit itu, RSUD Tidar, RSJ Prof dr. Soerojo, dan RST dr Soedjono.

Ketergunaan tempat tidur isolasi perawatan pasien COVID-19 di tiga rumah sakit itu sebagian besar dihuni pasien luar Kota Magelang. Sebanyak 361 pasien terindikasi COVID-19 (suspek dan konfirmasi), 135 pasien di antaranya warga kota, Sedangkan 226 orang warga luar daerah.

Baca juga: Pemkot Magelang menambah tempat isolasi pasien COVID-19
Baca juga: PMI Kota Magelang gelar Kajian Sehat di sekolah untuk PTM
Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 Kota Magelang terbanyak ke-3 di Jateng

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024