Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mendorong pengelola objek wisata Taman Kyai Langgeng mengoptimalkan pemanfaatan berbagai asetnya untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah.

"Taman Kyai Langgeng adalah salah satu aset Kota Magelang yang bisa mendukung roda perekonomian pemerintah daerah dan masyarakat sekitarnya," katanya di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan hal itu ketika melantik Arif Taat Ujiyanto sebagai Direktur Utama Perusahaan Daerah Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, Jawa Tengah, periode 2021-2025.

Baca juga: Wali Kota Magelang ingatkan pelaku wisata disiplin protokol kesehatan

Di tengah pandemi COVID-19, kata dia, Taman Kyai Langgeng dinilai dapat turut berkontribusi memperkuat imunitas masyarakat.

"TKL (Taman Kyai Langgeng) merupakan aset dari Kota Magelang dan harusnya bisa menjadi obat untuk kita semua, baik dalam perokonomian maupun dalam imunitas kita dalam menghadapi segala penyakit, terutama penyakit COVID-19 ini," katanya dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang.

Dia mengatakan pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi direktur baru untuk mengembangkan dan mengelola Taman Kyai Langgeng menjadi lebih baik.

Pada masa lalu, katanya, Taman Kyai Langgeng menjadi kebanggaan dan primadona warga Kota Magelang, bahkan dari luar daerah.

“Orang Semarang, Yogya, Tegal, para insinyur datang ke Magelang untuk mengunjungi kebanggaan Kota Magelang yaitu Taman Kyai Langgeng,” katanya.

Taman itu, katanya, memiliki potensi besar untuk kembali berjaya dalam peranannya dan membangkitkan Kota Magelang dari segi ekonomi dan pariwisata.

Ia mengharapkan taman rekreasi seluas 27,7 hektare itu bisa dikelola degan baik, penuh tanggung jawab, dan profesional oleh direktur yang baru.

Dia menghendaki Taman Kyai Langgeng ditata menjadi lebih baik dan sungguh-sungguh sehingga kelestarian tetap terjaga dan menjadi daya pikat masyarakat untuk mengunjungi kembali.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang periode 2021-2025 Arif Taat Ujiyanto berasal dari Kabupaten Temanggung, namun cukup lama berkarir di Bandung, Jawa Barat, sedangkan karirnya terakhir sebagai Direktur Cita Sehat Foundation Bandung periode 2017-2021.

Hadir pada pelantikan di Halaman Kepodang, Kompleks Taman Kyai Langgeng tersebut, antara lain Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, sejumlah pejabat, dan segenap tamu undangan lainnya.

Baca juga: Kota Magelang masih rumuskan normal baru wisata agar aman COVID-19

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024