Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah menggelar tes antigen di Terminal Kelas B Kota Banjarnegara yang ditujukan bagi para calon penumpang bus yang akan bepergian ke luar daerah.

"Kegiatan ini telah dilakukan sejak Sabtu (15/5) dalam rangka pengamanan arus balik Lebaran 2021 dan upaya mencegah penyebaran COVID-19," kata Kabag Ops Kompol Sardoyo di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam teknis pelaksanaan petugas akan melakukan pengecekan terhadap seluruh calon penumpang bus di terminal tersebut.

Baca juga: Seorang pemudik di Kudus positif berdasarkan tes cepat antigen

"Petugas berjaga di Terminal kelas B Kota Banjarnegara dan melakukan pengecekan surat bebas COVID-19 bagi masyarakat yang akan keluar daerah, bagi yang belum memiliki surat bebas COVID-19 maka akan dilakukan tes antigen secara gratis," katanya.

Dia menambahkan pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan berbagai instansi dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

"Tim medis diterjunkan dari Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Banjarnegara dan Tim Kesehatan Sarsipol dalam hal ini Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa tes antigen merupakan rangkaian kegiatan terpusat dari Mabes Polri sebagai bagian dari Operasi Ketupat Candi 2021.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Banjarnegara AKP Erwin Chan Siregar menambahkan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami ingin memastikan masyarakat yang keluar dari Banjarnegara menuju tempat tujuan masing-masing sudah benar-benar bebas dari paparan COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil tes," katanya.

Dengan demikian, kata dia, perjalanan akan makin terasa aman dan juga nyaman bagi seluruh penumpang bus.

"Kami berharap dengan upaya ini maka tidak akan ada penularan COVID-19 antarsesama penumpang atau orang lain di sekitarnya dan perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman," katanya.

Sementara itu dia juga mengajak seluruh pihak untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

"Mari bersama-sama disiplin menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker, disiplin protokol kesehatan harus diperkuat jangan sampai kendur guna memutus mata rantai penularan COVID-19 khususnya di wilayah Banjarnegara, karena pandemi belum berakhir," katanya.

Baca juga: Pendatang di Boyolali, siap-siap jalani tes usap antigen
Baca juga: Ganjar minta polisi mengusut peredaran alat tes cepat antigen tak berizin


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024