Solo (ANTARA) - Sebanyak 36 perusahaan meramaikan pelaksanaan job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Ketua "Career Development Center" (CDC) UNS Kusnandar di Solo, Rabu, mengatakan dari 36 perusahaan tersebut total lowongan pekerjaan yang dibuka adalah 149 lowongan, sedangkan untuk total pelamar yang tercatat hingga 28 April 2021 adalah sebanyak 1.257 pelamar.

"Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah di hari kedua penyelenggaraan Virtual UNS Job Fair XXI," katanya pada pembukaan UNS Job Fair XXI yang akan diselenggarakan tanggal 28-29 April 2021.

Berbeda dengan sebelumnya, pada pelaksanaan bursa kerja tahun ini diselenggarakan secara virtual. Ia mengatakan penyelenggaraan tersebut merupakan hasil inovasi untuk menjawab tantangan wabah pandemi COVID-19 dan kemajuan teknologi saat ini.

"Inovasi menjadi sebuah keharusan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi ini," katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga sebagai wadah bagi civitas akademika UNS untuk bersinergi dengan perusahaan-perusahaan yang akan menyerap para lulusan UNS.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Direktorat Reputasi Akademika dan Kemahasiswaan UNS Sutanto mengatakan tugas sivitas akademika tidak hanya mendidik mahasiswa di kampus tetapi juga memastikan karir mereka di dunia kerja.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami ingin bergerak secara kolaboratif dengan mengundang pihak perusahaan untuk menyiapkan talenta-talenta dengan 'skill' yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa dan alumni UNS tetapi juga dapat diakses oleh kalangan umum.

Baca juga: Ada 4.287 lowongan baru di bursa kerja Banyumas


Pewarta : Aris Wasita
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024