Banjarnegara (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk lebih meningkatkan kepedulian antarsesama dengan melakukan donor darah secara rutin.

"Kami mengajak warga untuk donor darah secara rutin guna membantu sesama dan menjaga ketersediaan darah di wilayah ini," kata Humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai di Banjarnegara, Rabu.

Dia mengatakan kendati pada bulan suci Ramadhan ini masyarakat sedang menjalani ibadah puasa, namun aksi donor darah masih bisa dilakukan.

Baca juga: PMI Banjarnegara jamin stok darah aman selama Ramadhan
Baca juga: PMI bangun klinik kesehatan di Banjarnegara

"Kami membuka pelayanan hingga malam hari guna memberi kesempatan bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya setelah waktu berbuka puasa," katanya.

Dia menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya donor darah bagi seluruh masyarakat di wilayah ini.

"Dengan demikian kami berharap akan mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara, dr. Agus Budi Susanto memastikan stok darah di wilayah setempat selama bulan suci Ramadhan 2021 aman dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

"Stok darah aman selama Ramadhan, kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga terus tetap melakukan pemantauan terhadap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara secara berkala.

Agus juga menambahkan bahwa sejak awal Ramadhan hingga saat ini permintaan darah dari masyarakat di wilayah setempat masih tergolong stabil.

"Belum ada lonjakan permintaan yang signifikan dari masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Pihaknya berharap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara akan aman hingga hari raya Lebaran 2021 mendatang.

"Kami terus berupaya untuk selalu mengupayakan yang terbaik bagi seluruh masyarakat yang ada di wilayah Banjarnegara," katanya.

Baca juga: PMI Banjarnegara gelar tes antigen 350 guru
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024