Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus mengintensifkan program vaksinasi COVID-19, khususnya bagi kelompok lansia, guna mempercepat pencapaian target kekebalan kelompok di wilayah setempat.

"Ini sebagai upaya mempercepat target cakupan vaksinasi COVID-19 di wilayah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga,  Jumat.

Hanung mengatakan, kelompok lansia memang menjadi salah satu prioritas utama dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Banyumas ajak komunitas bantu masyarakat lansia akses pelayanan vaksinasi
Baca juga: Empat napi lansia LP Perempuan Semarang divaksin COVID-19

"Untuk menyukseskan vaksinasi bagi kelompok lansia, kami telah mempersiapkan tempat pelayanan yang nyaman, screening yang menyeluruh terhadap status kesehatan lansia yang akan mendapatkan vaksin dan pelayanan yang efisien agar mereka tidak perlu menunggu terlalu lama di lokasi vaksinasi," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga terus mengoptimalkan peran fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang ada di wilayah setempat untuk percepatan program vaksinasi.

Pihaknya mengoptimalkan seluruh puskesmas yang ada di wilayah itu dan juga rumah sakit negeri maupun swasta. "Termasuk juga klinik-klinik yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan program vaksinasi ini," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus memperkuat sosialisasi mengenai pentingnya vaksinasi guna mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di wilayah itu.

Untuk itu pihaknya kembali mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi.

Menurutnya vaksinasi merupakan salah satu program pemerintah yang sangat strategis untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar bersama dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19, mari kita sukseskan program vaksinasi ini," katanya.

Sementara itu, dia juga kembali mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk terus memperkuat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.
"Pandemi belum berakhir mari tetap patuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024