Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang pada tahun ini siap merevitalisasi 41 sekolah terdiri atas 27 sekolah dasar (SD) dan 14 sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Achmad Taufik di Batang, Rabu, mengatakan bahwa pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp13,5 miliar untuk merevitalisasi SD dan Rp14,8 miliar SMP.

"Total dana revitalisasi SD sebesar Rp13,5 miliar. Perbaikan untuk kategori kerusakan minimal, sedang, dan perabotnya," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Yuliyanto mengatakan dana revitalisasi SD sebesar Rp13,5 miliar tersebut untuk merehabilitasi ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, toilet, dan ruang perpustakaan.

Baca juga: Presiden Minta Daerah Alokasikan Anggaran untuk Gaji Guru PAUD

Adapun dana sebesar Rp14,8 miliar, kata dia, akan digunakan untuk merehabilitasi ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium IPA, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, toilet, laboratorium komputer, pengadaan peralatan laboratorium IPA, dan pengadaan peralatan TIK.

"Pada tahun 2021, kami juga akan merevitalisasi untuk PAUD sekitar Rp1,1 miliar dan seleksi kompetisi bidang (SKB) Rp1 miliar," katanya.

Ia mengatakan saat ini baru 60 persen dari 51 sekolah menengah pertama yang menjalani revitalisasi.

"Namun, yang perlu mendapat perhatian banyak adalah revitalisasi SD karena baru 25 persen dari 451 sekolah yang direvitalisasi. Masih kurang banyak," katanya. 

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024