Temanggung, Jateng (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tetap akan melayani vaksinasi COVID-19 pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah di masing-masing puskesmas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim di Temanggung, Rabu, mengatakan sesuai fatwa MUI penyuntikan vaksin bisa dilakukan saat berpuasa.

Dalam ketentuan fatwa MUI nomor 13 Tahun 2021 bahwa vaksinasi COVID-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa. Melakukan vaksinasi COVID-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).

Khabib mengatakan berdasarkan fatwa MUI tersebut pemerintah dapat melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah COVID-19 dengan memerhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.
Baca juga: Usulan Gubernur Jateng terkait prioritas vaksinasi guru disetujui Menkes

"Namun bagi yang punya keyakinan lain dan tidak mau divaksin saat berpuasa tidak bisa kami paksa," katanya.

Ia menyampaikan kalau sebelumnya vaksinasi dapat dilakukan secara massal di lokasi tertentu, namun pada bulan Ramadhan nanti hanya dilaksanakan di masing-masing puskesmas.

Menyinggung vaksinasi bagi para guru untuk persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), dia menyampaikan karena ketersediaan vaksin terbatas maka vaksinasi bagi para guru baru dilakukan untuk sekolah yang melakukan uji coba PTM.

"Sedangkan untuk guru yang lain kami akan mengikuti perkembangan kebijakan untuk pendidikan tatap muka dan juga ketersediaan vaksin," katanya.

Pihaknya meminta Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung untuk membuat daftar sekolah dan madrasah sehingga nanti diurutkan.

Khabib mencontohkan vaksinasi pada suatu tahapan untuk guru hanya 2.000 orang, berarti tinggal mengurutkan sesuai daftar sekolah tersebut.

Ia menyebutkan droping vaksin dari provinsi dilakukan secara bertahap. Rata-rata setiap droping sekitar 1.000 vial atau 10.000 dosis yang cukup untuk vaksinasi 5.000 orang.

"Kabupaten Temanggung terakhir mendapat tambahan vaksin pada 25 Maret 2021. Mudah-mudahan pada minggu ini dapat droping lagi," katanya.

Ia menambahkan realisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Temanggung hingga Selasa (6/4) vaksinasi dosis 1 sebanyak 21.758 orang dengan rincian tenaga kesehatan 3.250 orang, layanan publik 10.487 orang, dan lansia 8.021 orang.

Kemudian jumlah hasil vaksinasi dosis 2 sebanyak 11.712 orang dengan rincian tenaga kesehatan 3.007 orang, layanan publik 8.528 orang, dan lansia 177 orang, demikian Khabib Mualim.

Baca juga: Dinkes Kudus: Vasksinasi COVID-19 saat Bulan Puasa tetap berjalan
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024